oleh

Anak Petani “Ndeso” Di Kediri Menjabat Staf Ahli Pangdam V/Brawijaya

Kol. Inf. L. Sutikno, Sip mendampingi Aspers Kasad, MayjendTNI Heri Wiranto tinjau lokasi TMMD ke 103di wilayah Kodim 0809/Kediri

Detik Bhayangkara.com, Kediri- Lagi menjadi Trending Topik dan bahan perbincangan masyarakat luas di kabupaten Kediri bahwa sosok Perwira Menengah (Pamen) TNI-AD yang sangat akrap dengan semua kalangan masyarakat dan para awak media itu ternyata Kolonel Inf. Lilik Sutikno, SiP pria kelahiran Dusun Boto Desa Sidomulyo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri.

Pamen dengan tiga Melati dipundaknya Putra asli Kediri ini selama hampir sebulan mewakili Pangdam V/Brawijaya bersama dengan Danrem 082/CPY Mojokerto Kolonel Arm. Budi. S terus memantau kegiatan TMMD ke 103 TA 2018 di Desa Blimbing Kecamatan Mojo di wilayah Kodim 0809 /Kediri.

Kolonel Inf. L. Sutukno. SiP sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Pangdam IM/Aceh Bidang Ideologi dan politik selama 2 tahun, lalu bergeser ke Surabaya menjabat Staf Ahli Pangdam V/Brawijaya di bidang yang sama.

Lilik Sutikno memulai karirnya di Satuan Kostrad, yang sarat dengan penugasan operasi baik di dalam dan luar negeri. Lulus SD pada tahun 1976, SMP lulus 1979 dan SMA pada tahun 1982. Kemudian ia melanjutkan kuliah di UNIK, Fakultas Pertanian.

Namun, untuk mewujudkan cita-citanya itu tidak mudah. Lulus SMA ia mencoba daftar masuk AKABRI tidak lulus dan setahun kemudian pada tahun 1983 ia ulangi lagi daftar AKABRI juga tidak lulus.

Namun demikian, pria yang dikaruniai dua anak ini terus berusaha. Ia mencoba daftar masuk Polri dan lulus dengan pangkat Serda. Pada tahun 1984 ia meninggalkan Kediri lantaran mengikuti Sekolah Bintara Polri di Bangsal Mojokerto, dan setelah lulus bertugas di staf Intelpampol Polda Jatim.

Kolonel Inf. L. Sutikno, Sip putra asli Kediri

Selang dua tahun, 1986, ia mencoba test masuk AKABRI. “Saya sempat pulang ke Wates minta tanda tangan ke Pak Lurah sebagai persyaratan. Masih ingat betul waktu itu pak Lurah bilang; kok gak lulus-lulus, saya sudah bosan, ini terakhir kali tanda tangan dan harus lulus. Alhamdulillah saya lulus masuk AKABRI,” tutur Kol. Inf L.Sutikno, Selasa (6/11/2018).

Pendidikan di Akabri di jalani selama 3 tahun dan lulus pendidikan Akmil pada tahun 1989, selanjutnya dilantik menjadi Perwira TNI AD dengan pangkat Letnan Dua.

Berbagai macam penugasan pernah dia laksanakan, seperti tugas di Kamboja dan Korea Selatan, Timor-Timor yang kini menjadi negara Timor Leste dan di Aceh. Kemudian ia menjabat Staf Intel di Div-1 Kostrad dan staf Intel Kodam VI/Balikpapan.

Selama kariernya ia juga pernah menjadi Komandan Yonif 631 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Dandim 0727/ Karanganyar Solo.

“Orang tua saya dulunya buruh tani yang hidup di desa, saya terus bersyukur karena saya dapat berbakti untuk Bangsa Indonesia serta keluarga,” ungkap Kol. Inf. L. Sutikno. (Cmdn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed