oleh

Wagub Jatim Gelar Giat Penebaran Ribuan Benih Ikan Wader Di Bendung Gerak Bojonegoro

Detik Bhayangkara.com, Surabaya- Dalam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Bojonegoro tepatnya di Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Bojonegoro, Dr. H. Emil Elestianto Dardak. MSc selaku Wakil Gubernur Jawa Timur menyempatkan diri menghadiri acara tebar benih Ikan Wader di Dermaga Bendungan Gerak Kabupaten Bojonegoro beberapa saat yang lalu.

Bendung gerak ini dapat menampung debit air hingga 13 juta kubik dengan debit air 5.850 liter perdetik. Dalam giat ini Ikan wader yang ditebar oleh Wagub Jatim sebanyak 25.000 ekor terdiri dari Ikan Wader Pari 15.000 ekor dan Ikan Wader Cakul 10.000 ekor.

Perlu diketahui perbedaan antara Wader pari dan Wader Cakul yakni pada Ikan Wader Cakul memiliki warna kuning keemasan sedangkan Wader Pari ada garis warna biru di bagian Linea lateralisnya.
Ikan Wader dipilih karena merupakan ikan asli endemik lokal.

Menurut Kabid Budidaya DKP Jatim Hari. P melalui Kasinya Ardi mengatakan, bahwa benih Ikan Wader tersdbut didatangkan dari UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan Pasuruan dan Instalasi Perikanan Budidaya Mojokerto melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

Tujuan sendiri dari penebaran ini untuk menjaga kelestarian makhluk hidup yang hidup di perairan, sehingga diharapkan masyarakat sekitar ikut aktif menjaga lingkungan terutama di perairan yang memiliki banyak fungsi untuk keseharian masyarakat / rumah tangga, “Pungkasnya. (Rudi’08)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed