oleh

“The Alphart ” Silaturahmi Reuni Alumni LASMI IV

Detik Bhayangkara.com, Malang-  Sembari menimba ilmu jurnalistik, alumni LASMI angkatan IV menggelar silaturahmi di Perumahan Karangduren Permai Blok E-22, Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Minggu (16/6/2019).

Wakil Ketua “Lembaga Supremasi Media Indonesia” ( LASMI ) Yunanto, mengatakan bahwa salah satu peran jurnalis adalah turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, yakni khalayak komunikan media.

” Peran para jurnalis sangat strategis. Mereka ikut berperan mencerdaskan kehidupan bangsa. Lewat tulisan-tulisannya, jurnis menyampaikan pesan-pesan kearifan kepada masyarakat luas,” demikian kata alumni Sekolah Tinggi Publisistik – Jakarta itu saat ditemui di kediamannya.

Ia menututurkan, para jurnalis, sebetulnya telah mengambil peran para guru dan para pendidik tradisional dalam mencerdasakan bangsa.

Menurutnya, tugas mencerdaskan bangsa itu, lebih banyak dijalankan oleh para jurnalis.

“Tugas mencerdaskan kehidupan bangsa banyak dijalankan oleh para jurnalis. Itu adalah pekerjaan mencerdaskan kehidupan bangsa yang paling banyak dilakukan oleh mererka,” ujar mantan wartawan Harian Sore “Surabaya Post” (1982-2002) itu.

Kendati demikian ia tegaskan, jurnalis juga harus waspada terhadap tiga hal.

”Kita sebagai jurnalis harus waspada dan hati-hati dalam konotasi positif terhadap tiga golongan manusia. Rincinya, mereka yang punya kekuasaan, mereka yang punya kekuatan finansial ( uang ), dan mereka yang punya massa,” pungkas Yunanto. ( Rozak )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed