oleh

Amanat Kapolres Malang Saat Gelar Pasukan Jelang Pilkades Gelombang III 2019

Detik Bhayangkara.com, Kabupaten Malang-  Bertempat di Stadion Kanjuruhan, apel gelar pasukan dalam rangka serpas Pam Pilkades serentak gelombang ke 3 se Kabupaten Malang di wilayah hukum Polres Malang, Sabtu ( 29/06/2019 ).

Dalam acara itu hadir Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung SH. Sik. M.Hum, Dandim 0818 Letkol Fery Muzawwad, Plt Bupati Malang Sanusi dan pasukan BKO Polda Jatim, Polres jajaran Polda Jatim, serta jajaran TNI – Polri dan ASN se Kabupaten Malang serta GM fkppi 1318/05, PP, Banser , Rapi.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menginformasikan kepada seluruh pasukan yang hadir baik dari BKO Polda Jatim, jajaran Polres Polda Jatim, Polres Malang, serta pasukan yang hadir akan di adakan Pilkades serentak gelombang 3 sekabupaten Malang sebanyak 269 desa diantaranya 17 desa kota Batu dan 252 desa di Kabupaten Malang.

” Sebelumnya diadakan Pilkades serentak gelombang ke 2 sekabupaten Malang berjumlah 50 desa, alkhamdulillaaah berjalan lancar aman dan kondusif , dan besok pagi minggu, ( 30/06/2019 ) di adakan Pilkades sebanyak 252 desa di Kabupaten Malang dan 17 desa di kota Batu tentunya tingkat kerawanan politik berbeda,” kata Ujung.

Ditambahkan, dengan dasar itulah perlu adanya pembekalan pasukan agar menjalankan tugas dengan baik dan benar di TPS, yang berada di 252 desa se Kabupaten Malang.

” perlu saya informasikan dan saya tekankan saudara segera menyesuaikan diri di TPS Pilkades akan tugas dan tanggung jawab kalian,” ujarnya.

Kata Ujung dalam amanatnya, dari hasil pantauan di lapangan, ada 2 Desa sangat rawan yaitu desa Druju Kecamatan Sumawe dan Desa Pamotan Kecamatan Dampit, dan 13 desa kategori rawan antara lain adalah desa Ketindan kec.Lawang, desa Baturetno Kec. Singosari , desa Harjokuncaran Kec. Sumawe, desa Senggreng Kec. Sumber Pucung, desa Kalipare Kec. Kalipare , desa Rejoyoso Kec. Bantur , desa Argosuko dan desa Dawuhan Kec. Poncokusumo, desa Sumbersuko dan desa Jatisari Kec. Tajinan, desa Bululawang, desa Kasri, desa Sempal wadak Kec. Bululawang.

Dirinya menambahkan, tingkat kerawanan situasi bisa berubah setiap saat, bisa juga menjadi lebih baik dan sebaliknya lebih rawan, dalam hal ini membutuhkan kepiawaian pasukan di lapangan mengolah situasi agar cepat kondusif dan berubah menjadi aman.

Masih kata Ujung, ada 5 cara tepat menjaga keamanan yaitu : (1). Semua stakeholder di lapangan sinergi dengan masyarakat memberi paparan Pilkades ini hanyalah sarana memilih pemimpin di tingkat desa diantara calon kades nantinya mampu membawa perubahan demi kemajuan masyarakatnya. (2). Masyarakat harus di beri pemahaman bahwa memilih boleh beda dan itu biasa dalam Pilkades , namun setelah selesai segera kita lupakan demi menjaga persatuan dan kesatuan dan segera kita dukung programnya bagi kades yg terpilih. (3). Kesempatan pertama Anggauta PAM TPS beradaptasi, kenali seluruh lingkungan, berdayakan potensi yang ada untuk mewujudkan Pilkades yang aman tertib dan lancar . (4). Pahami buku saku yang telah di bagikan lakukan apa yang menjadi tanggung jawab saudara dalam melaksanakan Pilkades serta hindari yang menjadi larangan Anggauta. (5) Hindari masuk di area TPS kecuali himbauan dari panitia Pilkades terkait gangguan Kamtibmas agar kegiatan Pilkades lancar dan aman.

” Lebih lanjut perlu saya ingatkan jangan sampai petugas pam TPS justru menjadi pemicu permasalahan contohnya
– Melakukan perbuatan tidak terpuji terpancing ikut mabuk mabukan.
– Sekedar iseng menggoda perempuan yang menimbulkan rasa cemburu suami atau pacarnya.
– sekedar melepas baju dinasnya dan berpakaian kaos yang ada logo Persebaya , hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi dan adanya pemberitahuan Kapolsek kepada anggautanya memberi ADO ( analisa daerah operasi ) sebelum pasukan di geser ke desa desa Pilkades,” ungkap Ujung.

Laporkan setiap perkembangan situasi Di TPS di tiap desa secara berjenjang kecuali keadaan darurat boleh langsung ke ka. Bag OPS, Waka Polres atau Kapolres, dan harapan kami mempertahankan stabilitas Kamtibmas di wilayah hukum Polres Malang.

” semoga Pilkades serentak gelombang ke 3 bejalan aman lancar tertib dan kondusif,” Pungkas Ujung. ( Rozak )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed