oleh

Kegiatan PKKMB Untama, Kotawaringin barat Resmi Dibuka

-Pendidikan-129 views

Detik Bhayangkara.com, Kobar-  Mahasiswa baru Universitas Antakusuma (Untama) Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti kegiatan pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), di Aula Untama Pangkalan Bun, Senin (2/9/2019).

Kegiatan PKKMB mahasiswa baru tersebut diikuti oleh 317 Mahasiswa baru, dari berbagai fakultas dan program study.

Menurut Ketua Panitia yang juga Kepala Biro Akademi dan Kemahasiswaan Untama, Didik Hendriyanto soeparlan, SE. AK, mengatakan, bahwa untuk tahun ajaran 2019-2020 ini ada sekitar 317 Maba dari bermacam jurusan dan program study.

”setiap tahunnya kegiatan PKKMB dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa baru lebih mengenal, bangga dan mencintai kampus serta fakultas sebagai tempat mereka menimba ilmu di Untama,” ucapnya.

PKKMB dibuka langsung oleh Rektor Untama, Pangkalan Bun Jeffrie Wattinema, dia berharap agar kegiatan PKKMB dapat menjadi bekal bagi mahasiswa baru 2019 mengenal kampus tempat mereka menimba ilmu.

Masih menurut Jeffrie Wattinema, bahwa seluruh Indonesi dihadapkan dengan tantangan perubahan yang begitu cepat, terutama berada di revolusi industri 4.0. Oleh karena itu memang perguruan tinggi harus berbenah, salah satu caranya adalah dengan memperbaiki kurikulum pendidikan.

” Kurikulum bisa menjawab tantangan zaman yang berubah begitu cepat, sehingga kalau kurikulum ini diperbaiki, kemudian sistem pembelajaran itu diperbaiki, karena sekarang ini kan pembelajaran itu berbasis online, jadi tidak hanya kita di sini yang bisa mengajar, tapi nanti suatu ketika kalau ada kerjasama dengan perguruan tinggi tertentu di luar Pangkalan Bun maka kita bisa kuliah secara online, narasumber juga tidak perlu datang ke sini,” ujarnya.

Memang untuk beberapa perguruan tinggi di Pulau Jawa sudah berjalan, Sedangkan Untama baru memulai memasang jaringan.

”Waktu wisuda kemarin itu peresmiannya, inilah yang akan menjawab perubahan-perubahan. Tapi inti yang paling utama tadi itu di kurikulum, kemudian sarana prasarana kita tingkatkan, sumber daya manusia terutama dosen juga kita upgrade,” ungkapnya.

Sehingga, imbuhnya, inilah yang menjadi pengamatan kita untuk bagaimana bisa menjawab tantangan revolusi industri menghasilkan lulusan yang punya kompetensi untuk menghadapi tantangan perubahan.

Kegiatan PKKMB 2019 ini akan berlangsung dari hari Senin (2/9) hingga Kamis (5/9) dengan pemateri dari Danlanud Iskandar Pangkalan Bun, Kapolres Kobar, Ketua Yayasan Kotawaringin, Rektor Untama, KPP Pratama, DLH Kobar, BNNK Kobar dan BEM Untama. (Rs’08)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed