oleh

8 Tanaman Lokal Kerinci Terima Sertifikat 

-daerah-4,448 views

Detik Bhayangkara.com, Kerinci-  Bupati Kerinci, H. Adirozal, Jumat (06/09/2019) menerima 8 Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia Prof. Erizal Jamal, kepada Bupati Kerinci, H. Adirozal di Desa N1, Kecamatan Kayu Aro Barat.

Delapan varietas lokal yang telah diakui sebagai kepemilikan Kabupaten Kerinci, antara lain Tanaman Holtikultura yaitu, Bawang Putih Varietas Jangkiriah Adro, Bawang Merah Varietas Baki Adro, Cabai Varietas Loker Telun Berasap, Cabai Varietas Ahang Adro, dan Kentang Varietas Kubik Adro. Sedangkan tanaman Pangan padi Varietas Padi payo Dukung, Padi Varietas Padi Payo Bunga Melur, dan Ubi Jalar Varietas Ubi Jalar Silo.

Bupati Kerinci dalam sambutannya menjelaskan, Dengan terdaftarnya hasil tani dari masyarakat kerinci khususnya, diharapkan untuk kedepannya akan dapat mensejahterakan masyarakat (petani) Kerinci.

” Hasil petani Kerinci yang didaftarkan ini bisa untuk disebarluaskan keseluruh para petani, tentunya kita harapkan nantinya dapat meningkatkan hasil tani dan nilai jual dari semua itu,” ungkapnya.

Dalam kesempatannya, Gubernur Jambi, Dr. Drs. H.Fachrori Umar, M.Hum dalam sambutannya mengajak kelompok tani dan seluruh pemangku kepentingan serta pihak terkait, untuk bersama-sama terus berupaya meningkatkan kualitas tanaman pangan varietas lokal Provinsi Jambi, yang akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan petani.

”selanjutnya meningkatkan perekonomian dan kemajuan daerah terutama daerah kerinci,” tegasnya.

Disisi lain, Kepala PPVTPP Kementerian Pertanian Prof.(R).Erizal Jamal menyatakan kesiapan pihak kementerian membantu apapun yang terkait dengan pembangunan pertanian di Kerinci. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed