oleh

Masyarakat Kampung Nangoh Citra Membangun Bak Sampah Biaopori

-daerah-723 views

Detik Bhayangkara. com, Kab. Bogor-  Warga Kampung Nangoh Citra di dua RT yakni, RT 05 dan RT 06 RW 01 desa Lemah Duhur Kecamatan Caringin terus berupaya melakukan penanggulangan permasalahan sampah. Salah satunya dengan cara menyediakan dan membangun bak sampah, (21/9/2019).

Pembangunan bak sampah tersebut, nantinya akan digunakan sebagai tempat pembuangan sampah, sekaligus sebagai upaya menerapkan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah disembarang tempat.

Selain itu, hal ini juga dilakukan lantaran Pemerintah desa Lemah Duhur terpilih sebagai salah satu desa yang ada di Kecamatan Caringin, untuk berkompetisi dalam penilaian percontohan Kampung Ramah Lingkungan (KRL).

“Kegiatan pembangunan bak sampah ini dalam rangka mempersiapkan kampung ramah lingkungan, dengan tiga program yakni program pengolahan sampah, penghijauan dan sanitasi,” kata Ketua KRL Cipta Lestari, Saepul Kamal kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Diterangkannya, pembangunan bak sampah yang bernama bak sampah hulu cai tersebut merupakan salah satu pendukung untuk pengolahan sampah. Dimana, bertujuan agar warga tidak membuang sampah sembarangan yang akhirnya akan berdampak pada pencemaran lingkungan.

“Sampah yang akan ditampungnya nanti berupa sampah organik dan non organik. Kalau untuk non organik sendirj seperti plastik dan kertas tidak akan dibakar melainkan dikumpulkan untuk dijual kembali. Sedangkan, sampah organik seperti sisa sayuran, kami sarankan pada warga supaya memliki lubang sampah, jadi tidak dibawa kesini,” ucapnya

Lokasi bak sampahnya sendiri, lanjutnya berada diatas tanah milik warga setempat seluas 170 meter persegi. Sementara, untuk luas bangunan bak sampahnya hanya berukuran 5 X 6 meter dengan dana pembangunan hasil swadaya masyarakat.

“Sementara ini kami sewa lahan dulu untuk satu tahun kedepan. Mudah – mudahan kedepannya bisa dimiliki oleh KRL Hulu Cai. Adapaun nanti sisa lahan lainnya akan digunakan untuk pembuatan lobang biopori karena masyarakat disini tidak semua memilikinya dan sebagaiannya untuk lahan persemaian bibit – bibit terutama bibit sayuran,” paparnya

Ia berharap, kegiatan pembangunan bak sampah yang mendapat dukungan dari Kepala Desa – Ujang Nadjudin , Pemerintah desa Lemah Duhur ini bisa dijaga dengan baik. Mengingat, kegiatan KRL sudah menjadi program Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor.

”Kami pun menyarankan agar masyarakat memiliki tong sampah, sebab kami juga sudah menyesiakan petugas tenaga pengangkut sampah,” pungkasnya. (A Roy/Joko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed