oleh

Kodim 0813 Bojonegoro Gelar Pembinaan Wasbang Bela Negara Bersama Komponen Masyarakat

-daerah-3,347 views

Detik Bhayangkara.com, Bojonegoro – Bertempat di gedung Ahmad Yani Makodim 0813 Bojonegoro telah digelar Kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan (Wasbang) di wilayah Kodim 0813 Bojonegoro TW IV TA. 2019 yangnbertemakan “Melalui Kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan TA. 2019 TNI AD Siap Membina Dan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Dan Mempererat Ke-Bhineka Tunggal Ika-an Dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, pada Rabu (13/11/2019) sekitar 08.30 Wib.

Dalam kegiatan Wasbang dihadiri oleh diantaranya organisasi kemasyarakatan Hipakad, PPM, FKPPI, Perguruan Silat PSHT, PS IKS, Pagar Nusa, Kesbang Linmas, Mahasiswa Unigoro, AKN, IKIP PGRI, Akes Rajekwesi dan Komponen masyarakat lainnya.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, dalam sambutannya yang dibacakan Kapten Inf M. Suko Maulana menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan Wawasan Kebangsaan tersebut dilaksanakan untuk membentuk fisik dan mental serta kepribadian yang baik, dan membentuk sifat kesetiakawanan sosial yang tinggi di seluruh kalangan masyarakat.

“Sehingga akan tumbuh nilai-nilai kedisiplinan, rasa tanggungjawab, pantang menyerah, kerjasama dan kewaspadaan diri yang tinggi dikalangan masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, kegiatan ini juga untuk menjamin tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Salah satunya yakni, melalui upaya pemberdayaan potensi sumber daya manusia agar mampu mengatasi segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

“Karena wawasan kebangsaan merupakan konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah,” imbuhnya.

Masih menurutnya, dalam wawasan kebangsaan tersebut juga mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar bisa menempatkan persatuan, kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa diatas kepentingan individu atau golongan.

Kegiatan Wasbang tersebut juga diisi dengan materi-materi outbound yang bersifat menanamkan kedisiplinan, kekompakan, kerjasama dan semangat pantang menyerah diantaranya water estafet, permadani terbang, tongkat estafet, buldozer, bola tali dan holahop. (Ras)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed