oleh

Polres Malang Kembali Meraih Penghargaan Pelayanan Prima Dari Menpan RB

-nasional-1,244 views

Detik Bhayangkara.com, Jakarta-  Polres Malang kembali meraih penghargaan pelayanan publik dengan kategori ‘Pelayanan Prima’. Rabu (20/11). Kali ini, prestasi yang diterima langsung oleh Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, diberikan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo, SH, di Hotel Holiday Inn Jakarta.

Ada enam Polres yang berhasil mendapat penghargaan kategori Pelayanan Prima, dari 207 jajaran Polres se-Indonesia. Dari enam Polres tersebut, Polres Malang peraih nilai tertinggi dari hasil evaluasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kementerian PAN RB Republik Indonesia.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A, dalam acara pemberian penghargaan, menyampaikan bahwa evaluasi pelayanan publik dilaksanakan kepada 207 Polrestro, Polrestabes, Polresta dan Polres dalam kurun waktu tujuh bulan. Yakni mulai April – Oktober 2019.

Tim evaluasi, melakukan penilaian selain turun langsung ke lapangan, juga dilaksanakan secara online melalalui aplikasi SIPP.menpan.go.id/webcontrol. Adapun instrumen index pelayanan publik yang dinilai meliputi aspek kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, Sarpras, SIPP, konsultasi dan pengaduan, serta Inovasi.

“Terdapat 14 item komponen standar pelayanan yang dinilai. Tujuannya supaya menjadi contoh bagi unit penyelenggara pelayanan publik dan instansi pemerintah lainnya. Yakni dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat,” terang Diah Natalisa.

Menteri Pan RB Tjahjo Kumolo dalam kesempatannya mengatakan, bahwa tugas utama Kemenpan RB salah satunya adalah meningkatkan pelayanan publik pada pemerintahan. Polisi adalah pelayan publik sehingga Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang merupakan bagian dari pemerintahan harus meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Polri dengan Promoternya telah mampu memberikan hasil yang cukup bagus dalam memberikan pelayanan publik. Sehingga perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan. Karena sesuai tuntutan zaman pelayanan harus cepat, adil dan siap menerima sorotan dari masyarakat yang dilayani.

“Kunci keberhasilannya adalah kepercayaan masyarakat dalam pelayanan publik. Polri diharapkan bisa mewujudkan visi Presiden RI periode 2019 – 2024 untuk mewujudkan SDM yang unggul. Selain itu untuk mempercepat reformasi birokrasi, maka Polri harus responsif dan cepat dalam pelayanan publik dengan berbagai inovasi, sehingga bisa terwujud dan berhasil,” ungkap Tjahjo Kumolo.

Penghargaan dari Menpan RB yang diperoleh Polres Malang ini, adalah yang ketiga kalinya. Pada tahun 2017 dan 2018, mendapat nilai A- (sangat baik), dan tahun 2019 ini meningkat menjadi A (Pelayanan Prima).

Sementara, Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, bahwa pretasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh personil, dalam memberikan pelayanan publik.

“Saya berharap penghargaan ini, bisa menjadi reminder dan pemicu semangat seluruh anggota untuk mempertahankan, dan semakin meningkatkan pelayanan khususnya kepada masyarakat Kabupaten Malang,” tandasnya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed