oleh

Panitia PTSL Desa Gapluk Gelar Sosialisasi

-daerah-465 views

Detik Bhayangkara.com, Bojonegoro-   Panitia Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap atau yang biasa disebut PTSL desa Gapluk  Kecamatan Porwosari menggelar sosialisasi, Rabu (15/1/2020).

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Kejaksaan, kodim 0813, Muspika Porwosari, BPN Kab. Bojonegoro, DPMD kab. Bojonegora dan warga desa Gapluk.

Nampak warga sangat antusias dan berbondong bondong kelapangan desa Gapluk, untuk mengikuti  dan mendengarkan sosialisasi PTSL tersebut yang di fasilitasi oleh badan pertanahan nasional (BPN) kabupaten Bojonegoro.

Pegawai dari BPN diwakili oleh Iswanto memberi penjelasan tentang program PTSL, dan jenis tanah yang bisa diikutkan PTSL.

“mengenai tanah yang diikutkan program pengukuran tanah sistematis lengkap(ptsl) yakni, K-1 tanah yang di ikut sertakan dan tidak ada masalah, K-2 tanah yang bermasalah sengketa, K-3 tanah tidak bermasalah dan tidak diikutkan oleh pemiliknya, K-4 yang sudah bersertifikat,” terang Iswanto

Sementara, dari DPMD Kabupaten Bojonegoro dalam kesempatannya menerangkan, tentang perbup No 53 tahun 2017 terkait biaya PTSL.

“Biaya yang tertuang dalam perbup 150 dalam hal kekurangan sesuai pasal 5 pasal 6 ditangung pemohon secara fisik, atau bisa dimusyawarakan panitia dan pemohon ptsl,” terangnya.

Sambutan dari Polres Bojonegoro, Eva Bedris S menambahkan terkait pendaftaran PTSL.

“Kesepakatan tentang biaya yang sudah disepakati dan bisa dipertangung jawakan oleh panitia, segi hukum dan masyarakat diminta jangan sampai ada masalah,” katanya.

Senada dengan Polres Bojonegoro, wakil dari Kejaksaan, Dekry Wahyudi juga menyampaikan hal yang sama.

Kepala desa gapluk, Edi Suyanto P saat di temui awak media mengatakan, bahwa masyarakat sudah lama mengharapkan di desa ini dapat programPTSL.

“tapi baru sekarang dapat program tersebut, sehingga masyarakat senang, semua mendukung dengan program sertifikat murah dan mudah, dari pada mengurus sendiri lebih mahal,” terangnya.

Ketua panitia PTSL, Abdul sukur dalam kesempatannya mengatakan, bahwa kami dan anggota panitia mengerjakan berkas dan leter C desa sampai pengukuran desa hingga kerja lembur.

“Kami siap untuk membantu masyarakat sampai sertifikat selesai,” tandasnya. (Tris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed