oleh

Rumah Sakit Tanpa Dinding Program Prioritas Jawa Tengah

-daerah-2,828 views

Detik Bhayangkara.com, Semarang-  MNC 89,8 FM Tri Jaya Semarang,The Real News dan Informasi mengadakan Prime, Topik Rumah Sakit Tanpa Dinding ( RSTD) Kamis (13 februari 2020) 09.30 – 11.00 Wib, bertempat di ruang Bahana Hotel Noormas, Jl Teuku Umar No.27 Semarang.

Acara tersebut disiarkan secara langsung oleh MNC Tri Jaya Fm dengan tema “Program Prioritas Visi – Misi Gubernur Jawa Tengah ” dengan Host Pras dan Produser Dendy, yang bekerjasama dengan News Rasika 88,9 Fm Pekalongan, RDI 91,8 Fm Pandaran Semarang, dan Noormans Hotel Semarang.

Penduduk Jawa Tengah yang terdiri dari 35 juta penduduk, tersebar lebih kurang 8.500 desa atau kelurahan yang memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, karena Provinsi Jawa Tengah berkewajiban untuk memenuhi hak kesehatan warganya, dengan membuka akses fasilitas yang mudah khususnya di daerah terpencil.

Munculnya gagasan RSTD sebagai bentuk layanan dari Rumah Sakit, yang secepatnya akan diwujudkan, sesuai dengan anggaran yang ada, sehingga dapat melaksanakan kebijakan yang diharapkan, mampu mendorong tingkat hidup dan mengurangi tingkat kematian pada ibu dan anak.

Dr.Yulianto Prabowo selaku Kepala Dinas Propinsi Jawa Tengah menyampaikan tentang penataan Rumah Sakit Tanpa Dinding ( RSTD) tercantum dalam Program Prioritas Visi – Misi Gubernur Jawa Tengah.

“Didalamnya tercantum beberapa dimensi pelayanan yang tidak hanya mengobati, tetapi juga mencegah pula, dimensi pelayanan, dimensi tehnologi,dan dimensi sistem antrean ( pendaftaran dengan memakai alat tekhnologi pula),” ungkapnya.

Ketua Panitia juga sebagai Ketua Komisi E DPRD Propinsi Jawa Tengah, Abdul Hamid menyampaikan bahwa, RSTD disamping prioritas gubernur, juga sebagai prioritas bagi DPRD Provinsi Jawa Tengah dalam peran serta dan mendukung untuk mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD) di Tahun 2018 – 2023.

“Tinggal mendetailnya saja langkah – langkah nya yang dilakukan oleh Pemerintah Propinsi Jateng dalam hal ini Dinas Kesehatan,” tuturnya.

Dilain sisi, Dekan FKM Undip Semarang, Dr.Budiyono dalam sambutannya memaparkan tentang Upaya Kesehatan kita yang terbagi dari, Upaya Kesehatan Masyarakat dan Upaya Kesehatan Perorangan.

“Hal ini bisa sebagai penguatan terhadap Rumah Sakit Tanpa Dinding,” tandasnya.

Harapan ke depan dengan terwujudnya RSTD, dapat dimanfaatkan masyarakat Jawa Tengah khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. (Triyono)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed