oleh

Talud Penahan Tanah Tebing Bendungan Ladongi Ambruk

-daerah-4,416 views

Detik Bhayangkara.com, Koltim-Bendungan terbesar dikabupaten koltim yang terletak diwilayah kecamatan ladongi dikhabarkan baru-baru ini ambruk pada bagian tembok penahan tebing yang berada didekat lokasi kantor PT Hutama Karya.

Moh. Anshar selaku humas PT Hutama Karya saat dikonfirmasi (senin 2/02/2020) menolak untuk direkam pembicaraannya.

Ditempat terpisah, menurut ketua LSM BARAK Koltim ( Beltiar ) mengatakan, ambruknya tembok penahan tebing tersebut diduga ada beberapa faktor penyebabnya.

” Ada beberapa faktor yang bisa kita duga terkait dengan runtuhnya tembok penahan tebing itu, yang pertama adalah perencanaan awal yang dilakukan oleh pihak konsultan, yang kedua spek campuran yang digunakan apakah sudah sesuai atau tidak, dan ketiga adalah material yang digunakan apakah sesuai dengan peruntukannya sebab kejadian itu bukan hanya baru kali ini namun sudah beberapa kali terjadi ambruk seperti itu,” jelas Beltiar melalui sambungan telpon selulernya.

Masih menurut Beltiar, yang dikhawatirkan jika pekerjaan itu sudah selesai dan kembali runtuh lagi seperti itu , yang dirugikan kan masyarakat koltim juga, apalagi kalau sampai bendungannya yang jebol tentu akan menelan korban.

“Sebagai masyarakat Koltim, sebelum terlambat, saya berharap kepada pihak-pihak terkait dalam hal ini pihak Balai dan pihak kementrian PUPR agar mengkrosecek langsung kelapangan sebelum ada korban dan sebelum terjadi kegagalan konstruksi yang bahkan dapat berpotensi pada kerugian keuangan negara,” pungkasnya. (anto)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed