oleh

FBI Imbau Masyarakat Mematuhi Petunjuk Pemerintah Terkait Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona

-headline-6,042 views

Detik Bhayangkara.com, Jakarta-  Berdasarkan informasi dari Juru Bicara Pemerintah Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto terkait positif virus corona di Indonesia, terkonfirmasi data positif bertambah 109 kasus, sehingga total 1155 kasus, pasien sembuh tambah 13 orang, total jadi 59 orang. Sedangkan kasus kematian 15 orang, total 102 orang, Sabtu (28/3/2020).

Menyikapi informasi tersebut, Sekretaris Jendral (Sekjen) Forum Bhayangkara Indonesia (FBI), Joko Winarto mengimbau kepada seluruh Masyarakat indonesia untuk mematuhi petunjuk dari Pemerintah terkait upaya untuk pencegahan penyebaran virus corona.

“Masyarakat di harapkan dapat mematuhi petunjuk pemerintah, karena merupakan kunci sukses menghentikan penyebaran Covid-19 atau virus corona yang sudah menjadi pandemi mematikan. Presiden sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara sudah memberikan arahan dan perintah yang jelas untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah guna menjaga social distancing. Arahan ini harus dipatuhi agar virus corona tidak menyebar dan menimbulkan korban jiwa yang lebih besar,” ucap Joko Winarto kepada awak media ini, Sabtu (28/3/2020).

Dirinya menegaskan berulang kali, pentingnya membangun disiplin untuk bisa melawan virus corona yang kian merebak dengan menjaga jarak dan kebersihan diri.

” Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tertularnya virus ini adalah, menjaga kesehatan dan kebugaran agar sistem imunitas atau kekebalan tubuh meningkat. Mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alkohol,” ungkap Sekjen FBI ini.

Menurut Joko Winarto Yang akrab di panggil dengan sebutan Jokowin menerangkan, mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.

“Ketika batuk dan bersin, upayakan menjaga agar lingkungan Anda tidak tertular. Tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau dengan lengan (bukan dengan telapak tangan). Menjaga jarak saat berbicara dengan orang lain, sekurang-kurangnya satu meter,” tegas pria yang selalu ramah ini.

Jika, imbuhnya, kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.

“Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika sedang sakit atau saat berada di tempat umum. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah, lalu cucilah tangan anda,” tandasnya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed