oleh

Dewan Ambalan Samaratungga Gelar Penanaman Pohon

-Pendidikan-10.052 views

Detik Bhayangkara.com, Kab. Malang-  Dewan Ambalan Samaratungga SMKN 2 Turen, gugus depan 14189-14190 gelar penanaman pohon, dalam rangkah memperingati hari Tunas 2020 (9/3).

Menurut Ivan, salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh semua anggota Pramuka. Ya, setiap tanggal 9 Maret para pandu Indonesia selalu memperingati sebagai Hari Tunas Gerakan Pramuka.

“Hah, hari Tunas Gerakan Pramuka? Apalagi itu sob?? Jadi, Hari Tunas Gerakan Pramuka adalah hari peringatan atas peristiwa dikumpulkannya para pimpinan organisasi-organisasi kepanduan di Istana Negara. Saat itu, Presiden Soekarno memaparkan harapannya agar semua organisasi kepanduan melebur menjadi satu dengan nama baru yaitu Pramuka. So, sekarang sudah pada tahu semua kan ya sejarah hari Tunas,” ucap Ivan.

Menurut Ivan, di hari Tunas tahun 2020 Ambalan SAMARATUNGGA SMKN 2 Turen Kab. Malang ini memperingati dengan aksi Tanam Pohon dan bersih lingkungan, di wilayah sekitar SMKN 2 Turen bersama warga setempat pada tanggal 8 Maret 2020, sebagai bentuk pengabdian dan ikut serta dalam membangun masyarakat. Bentuk implementasi dalam keikutsertaan Pramuka dalam membangun masyarakat adalah Bakti masyarakat. Bakti masyarakat mengandung arti mengerjakan sesuatu secara sukarela untuk kepentingan masyarakat. Sebagai makhluk Individu Seorang pramuka selalu berproses sepanjang hayatnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik lahir maupun batin.

“Sejalan dengan hal tersebut, Ambalan Samaratungga / Laksamana Nala-Tribuana Tunggadewi melaksanakan giat Kerja bakti dan penanaman pohon disekitar area sekolah. Giat kerja bakti ini dilaksanakan pada hari Minggu tepatnya pada tanggal 08 Maret 2020 Pangkalan SMK Negeri 2 Turen dan dimulai pada pukul 08.00 WIB s/d selesai yang diikuti oleh seluruh Pengurus dan Anggota Dewan Ambalan SAMARATUNGGA dengan dipimpin oleh Pradana Mustika Ranu Prabowo serta didampingi oleh Pembina Ambalan Kak Siswoyo dan Kak Idah Lutfiani,” ungkapnya.

Kerja bakti tersebut dilaksanakan di wilayah depan SMKN 2 Turen tepatnya di Kelurahan Sedayu gang 1. Daerah tersebut merupakan basis Kost-kostan/tempat tinggal sementara sebagian besar Taruna SMKN 2 Turen, permasalahan yang terjadi selama musim penghujan adalah sering terjadinya peluapan air saat hujan yang diakibatkan sampah yang berserakan dan menumpuk di selokan. Gayung bersambut, warga merespons positif kegiatan yang kami laksanakan dengan keterlibatan dan antusiasme warga turut serta dalam kegiatan kerja bakti.

“Setelah melaksanakan kerja bakti itu kami meneruskan kegiatan. Kegiatan selanjutnya ini dilaksanakan di area sekolah yaitu penanaman pohon yang bertujuan sebagai salah satu bukti kepedulian kita terhadap keseimbangan alam dan sebagai upaya mendukung program penghijauan,” terang Ivan.

Setelah semua kegiatan sudah dilaksanakan semua anggota Dewan Ambalan Samaratungga berkumpul untuk menghilangkan lelah dengan cara melaksanakan makan bersama serta bercerita awal berdirinya Ambalan Samaratungga. Sebelum pulang kerumah masing-masing kami melaksanakan Sholat Dzuhur bersama. Setelah dilaksanakan sholat semua melakukan kebiasaan yaitu bersalam-salaman sebelum pulang. Sesudah dilaksanakan baru selesai semua Pembina dan Anggota meninggalkan sekolah dan pulang kerumahnya masing-masing.

“So, kami selalu merasa senang dalam mengikuti kegiatan demi kegiatan di Ambalan tercinta. Menarik, menantang, mengabdi dan pastinya seru. Tak ada ruginya kami sebagai kaum milenial mengikuti kegiatan Kepramukaan karena memang sangat positif dalam era seperti ini, apalagi dengan di dukung dangan sistem Ketarunaan yang dilaksanakan di SMK kami tercinta. Tentunya perpaduan ini akan menjadi amat baik bagi diri kami untuk menyongsong masa depan gemilang sebagai generasi penerus bangsa.. Mungkin ini bias salah satu pertimbangan bagi adek-adek Siswa SMP/MTs yang akan meneruskan pendidikannya.. SMKN 2 Turen adalah pilihannya,” tandasnya

“Selamat Hari Tunas 2020 Para Tunas Bangsa, Penerus Perjuangan Bangsa… SALAM PRAMUKA”. (Fathul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed