oleh

Penebaran Benih Ikan Untuk Ketahanan Pangan Dalam Rangka Penanggulangan Dampak Covid-19

-daerah-10.298 views

Detik Bhayangkara.com, Surabaya – Berkurangnya pembeli dan pedagang ikan akibat dari social distancing yang harus dilakukan oleh masyarakat, membuat banyak pihak mengalami kerugian.

Bukan hanya kerugian dari sektor materi, para pembudidaya ikan juga mengalami kendala dalam berbagai hal dan tentunya ini merupakan keadaan yang tidak bisa dibiarkan terus berkelanjutan.

Dinas kelautan dan perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Budidaya Perikanan melakukan kegiatan penebaran benih ikan lokal di berbagai daerah, yang tujuannya untuk mengatasi masalah ketahanan pangan yang ada saat ini.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Budidaya DKP Jatim, Ir. Hari Pranoto, M.M, melalui Kepala Seksi (Kasi) Sarpras, Ardy Soesanto, S.T, M.T, menjelaskan, beberapa saat yang lalu, Ada 10 jenis ikan lokal yang telah berhasil didomestisikasi oleh UPT. Lab Kesling Umbulan.

”Jenis-jenis ikan yang ditebar di sumber air Plumpungan, Desa Tawang, Kecamatan Wates, kabupaten Kediri sebanyak 10 Jenis, yaitu :(1) Ikan bader banng (2) Ikan Tawes (3) Ikan wader pari(4) Ikan wader cakul (5) Ikan dewa (6) Ikan hampala (7) Ikan betik (8) Ikan gurame (9) Ikan muraganting (10) Ikan Nilam,” ucapnya.

Perlu diketahui, embung sumber air plumpungan merupakan embung desa yang saat ini dikembangkan oleh kepala desa dan warga desanya sebagai area wisata alam dan wisata edukasi ,

Tambah Ardy Soesanto, Dinas kelautan dan perikanan (DKP) pada salah satu tupoksinya adalah melakukan pelestarian sumberdaya ikan lokal diperairan.umum, diantanya adalah sungai, waduk, danau dan embung desa.

”Embung sumber air plumpungan adalah lokasi yg sangat cocok dlm rangka pelestarian ikan.lokal jatim hasil domestikasi UPT Laboratorium Kesehatan Ikan dan Lingkungan,” bebernya.

Pada kesempatan ini embung sumber air plumpungan ditetapkan sebagai lokasi Bank Ikan Lokal Jawa Timur.

Lebih jauh Ardy menjelaskan, Kegiatan penebaran benih ikan lokal merupakan upaya untuk meningkatkan jumlah populasi ikan yang berkurang akibat kegiatan penangkapan yang dilakukan secara terus-menerus, khususnya di perairan umum sehingga diperlukan kegiatan restocking. Restocking ikan diyakini mendukung upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

”Kegiatan Penebaran benih ikan lokal juga bertujuan sebagai pemenuhan ketahanan pangan dalam rangka penanggulangan dampak covid 19,” jelasnya.

Perairan umum adalah bagian dari permukaan bumi yang secara permanen atau berkala tergenang oleh air (tawar, payau, laut) mulai dari garis pasang surut terendah kearah daratan dan badan air tersebut terbentuk secara alami atau buatan.

”Seiring bertambahnya aktivitas manusia di sekitar perairan umum, maka tingkat eksploitasi semakin besar, sehingga habitat untuk ikan di perairan umum menjadi semakin menyempit,” pungkasnya. (RS’08)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed