oleh

UKP Penuhi Undangan Panggilan Klarifikasi Bawaslu Boltim

-politik-10.285 views

Detik Bhayangkara.com, Boltim – Uyun Kunaefi Pangalima S.Pd, (UKP) penuhi undangan klarifikasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada, Selasa (28/07/2020).

Undangan tersebut untuk mengklarifikasi temuan kasat mata Bawaslu Boltim, terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni UKP, yang dinilai melakukan pendekatan terhadap partai politik.

Pimpinan Bawaslu Boltim, Haryanto, saat di wawancarai media ini membenarkan adanya undangan tersebut.

“Inisial UKP, dimintai keterangan terhadap beberapa bukti yang ditemukan Bawaslu, karena beliau sebagai ASN,” kata Haryanto.

Dia menjelaskan, hasil dari klarifikasi ini, akan segera di tindak lanjuti.

“Bawaslu akan membuat kajian hukum, dan memproses kelanjutannya seperti apa, kita lihat nanti,” tambahnya.

Haryanto mengaku, Bawaslu tidak bisa menetapkan yang bersangkutan bersalah, karena masih membutuhkan kajian.

“Masih ada kajian Hukum, hingga proses pleno, sehingga kita lihat saja nanti, kalau benar terbukti melanggar netralitas ASN, maka akan kami teruskan, tugas kami hanya menilai dan mengkaji, yang menakar dan memberikan punismen itu Komisi ASN,” ujar komisioner Bawaslu dua periode ini.

Terpisah, Uyun K Pangalima, (UKP) usai menghadiri klarifikasi mengucapkan terima kasih kepada lembaga pengawas pemilu yang sudah mengundangnya untuk diklarifikasi.

“Terima kasih kepada Bawaslu Boltim yang sudah mengundang saya untuk di klarifikasi tentang informasi yang tersebar di media sosial,”kata Uyun.

Dia menjelaskan sikap profesional nya menghadiri undangan tersebut. “Saya datang sebagai sikap kepatuhan kepada tahapan Pilkada, dan peran tugas fungsi pokok lembaga penyelenggara. Ini untuk mereduksi semua anggapan Masyarakat bahwa sebagai ASN kami tidak patuh pada aturan,” tambah Uyun.

Uyun menjelaskan tentang sejumlah pertanyaan Bawaslu kepadanya, termasuk beberapa informasi yang viral di media sosial.

“Bawaslu mempertanyakan keberangkatan ke Jakarta, termasuk foto yang beredar, jawaban kami adalah tindaklanjut dari pendaftaran kami di daerah beberapa bulan lalu,” jelas Uyun.

Terinformasi, UKP sedang mempersiapkan dirinya untuk mundur sebagai ASN, karena bakal maju di Pilkada Boltim. (fad)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed