oleh

Kadis PMD Boltim Buka Acara Bimtek Kader Keamanan Pangan Desa Pengawasan Obat dan Makanan

-daerah-10.100 views

Detik Bhayangkara.com, Boltim – Kegiatan Bimtek Kader Keamanan Pangan Desa oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Manado, yang dibuka langsung oleh Kadis PMD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Uyun kunaefi Pangalima, Spd sekaligus penyerahan Alat KIT untuk pemeriksaan  makanan yang mengandung Formalin, Boraks, pengawet, dan pewarna serta bahan kimia yang dicampurkan dalam makanan.

Dalam kegiatan Bimtek pengawas obat dan makanan yang di laksanakan selama tiga hari, untuk mempersiapkan kader di pedesaan menjadi agent keamanan pangan di desa, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Sulawesi Utara, (05-08-2020).

UKP sapaan akrab Uyun menyampaikan, dalam kegiatan Bimbingan Teknis kepada kader di Dua kecamatan yaitu, Kecamatan Modayag barat dan kecamatan motongkat yang di wakili dua desa yaitu Desa Moyongkota baru dan Desa Atoga di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur agar kegiatan ini harus di ikuti dan di seriusi karena sangat penting bagi kita semua.

”Bimtek Kader yang dilaksanakan tiga hari berturut-turut yang di laksanakan di Desa Moyongkota, diikuti oleh  para Kader dari tiap desa yang direkomendasikan oleh Kepala Desa / Lurah untuk menjadi kader keamanan pangan desa (KKPD) meliputi peserta  15 orang yaitu, Kader PKK 5 org, Karang Taruna 5 orang, perwakilan guru mewakili 3 sekolah 5 org ,15 orang Kader Keamanan Pangan Desa, Tim Keamanan Pangan Desa 4 orang Ketua Tim melekat ke kepala desa dan 3 orang Anggota tim,” ungkapnya.

UKP menambahkan, dalam bimtek ini para kader dan tenaga PKP/DFI dibekali pengetahuan tentang keamanan pangan, meliputi kunci keaman pangan, bahan pangan, kiat-kiat keamanan pangan, keracunan dan materi-materi penting lainnya.

“Selain materi tersebut, para peserta juga diberikan informasi tentang cara menguji bahan-bahan berbahaya yang terdapat dalam produk pangan menggunakan  Test Kit. di bagian akhir bimtek, dilakukan penyerahan satu paket Test Kit untuk pengujian Rhodamin B, Formalin, Methanyl Yellow dan Boraks kepada Kepala desa setempat,” jelasnya.

Pelatihan ini diharapkan dapat membekali kader dengan pengetahuan tentang keamanan pangan, sehingga kader dapat mendampingi komunitas desanya dalam menerapkan prinsip keamanan pangan. Selain itu juga, agar kader dapat melakukan pengawasan agar tidak terjadi penyimpangan pada praktek keamanan pangan dilingkungannya.

”Melalui pelatihan ini diharapkan kompetensi kader desa tentang keamanan pangan dapat ditingkatkan sehingga dapat terus mengawal pelaksanaan keamanan pangan di desa secara berkelanjutan,” tutup UKP. (fad)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed