oleh

Koramil 03 Serengan Kodim 0735 Surakarta Ikut Serta Pencanangan Bank Sampah

Detik Bhayangkara.com, Surakarta – Koramil 03 Serengan Kodim 0735 Surakarta yang diwaliki Koptu Catur H ikut serta Pencanangan Bank Sampah yang bertempat di RW.03 dan RW.04 Kelurahan Kemlayan Kecamatan Serengan, Sabtu ( 18/9/2020).

Sampah merupakan sumber bibit penyakit bagi diri kita dan masyakarat yang sering kali membuang sampah di sembarang tempat tanpa mau berfikir segala akibatnya yang ditimbulkan dengan sampah yang menumpuk dengan bau yang menyengat dan pemandangan yang menjijikan.

Namun kalau limbah sampah tersebut kita kondisikan dan kita manfaatkan dengan cara dipilah dan dipilih maka akan berguna sekali bagi diri kita sendiri dan lingkungan dalam menciptakan lingkungan yang bersih,sehat,terhindar dari bibit penyakit dengan upaya membuat Bank Sampah untuk menjadikan sampah yang tidak berguna menjadi barang yang ekonomis yang berguna untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Sertu A. Rumbawa dan Koptu Catur Babinsa Koramil 03 Serengan Kodim 0735 Surakarta hadiri dalam acara pelakasanaan kegiatan Pencanangan Bank Sampah bertempat di Rt. 03 Rw. 04 Kelurahan Kemlayan Kecamatan Serengan Kota Surakarta dengan penuh apresisiasi sekali.

Supriyono selaku Lurah Kelurahan Kemlayan menyampaikan bahwa, Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dipilih dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah yang dikumpulkan sesuai dengan jenisnya barangnya.

”Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucapnya.

Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual ke Pabrik yang sudah mengadakan MOU sebelum nya pihak kelurahan.

”Sedangkan plastik kemasan dibeli Ibu-ibu PKK Kelurahan Kemlayan untuk dijadikan berbagai produk kerajinan tangan berbagai macam dan media tanaman untuk mendapatkan penghasilan tambahan,” tuturnya. ( ADHI.S )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed