oleh

Koramil 13 Nogosari Bersama Ibu-ibu LPMK Budikdamber Tingkatkan Ketahanan Pangan

-daerah-10.187 views

Detik Bhayangkara.com, Surakarta
Dengan semakin menyempitnya potensi lahan di wilayah perkotaan yang bisa dimanfaatkan, maka pekarangan merupakan salah satu opsi yang bisa dipilih yakni Budidaya ikan dalam ember ( BuDikDamber ), (20/9/2020).

Bertempat di RW 02 Kelurahan Kemlayan Babinsa Koramil 03 Serengan Kodim 0735 Surakarta, Sertu A. Rumbawa bersama ibu-ibu dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan ( LPMK ) adakan Kegiatan Budikdamber.

Tehnik Budikdamber yang pertama kali digagas seorang dosen budidaya perikanan Politehnik Negeri Lampung bernama Juli Nursandi ini sangat efektif, dan solusi yang tepat untuk daerah perkotaan yang memiliki lahan yang terbatas.

Ibu Ketty Ristini selaku ketua LPMK kelurahan menyampaikan, dengan usaha mencapai ketahanan pangan masyarakat khususnya masyarakat kelurahan kemlayan sangat berperan aktif dalam budidaya ikan lele dalam ember yang dikombinasikan dengan aquaponik sederhana yaitu dengan menanam kangkung diatasnya dengan media arang dimasukan dalam gelas cup, bekas es poci kemudian ditatah sedimikian rupa diatas permukaan ember.

”Adapun prosesnya tanaman tersebut memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan akan menjadi racun ikan itu sendiri,lalu tanaman tersebut akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya dan menyuplai oksigen pada air untuk perkembangan ikan itu sendiri,” ungkapnya.

Ibu-ibu LPMK mengawali Budidaya ikan dalam ember ini untuk rencana kedepannya akan mengadakan sosialisasi kepada 6 RW yang ada di kelurahan kemlayan.

”Dengan tujuan menumbuhkan semangat kewirausahaan ibu-ibu rumah tangga dan warga secara umum,” pungkasnya. ( ADHI.S )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed