oleh

Gelar Virtual Istana Negara dalam Rangka Peringatan HUT ke-75 TNI

Detik Bhayangkara.com, Poso – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke–75 tahun ini dilaksanakan di Mayoni 714/SM, Senin (5/10/2020).

Peringatan HUT TNI ini, dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan HUT Ke-75 TNI kali ini dilaksanakan secara virtual di tengah pandemi covid-19.

Sebelum acara puncak HUT ke – 75 TNI, Kodim 1307/Poso dan Yonif 714/SM telah menyelenggarakan beberapa serangkaian kegiatan. Mulai dari Baksos berupa donor darah, upacara Ziara Nasional di Taman Makam Pahkawan (TMP) Kawua Poso, dan beberapa hari kedepan akan dilaksanakan pertandingan Batminton dan bola Futsal.

Upacara HUT ke-75 TNI yang dilaksanakan di Mayonif 714/SM ini, dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Poso. Yakni, Pjs. Bupati Poso, Drs. Arfan M.Si, Dandim 1307 Poso, Letkol Inf Gusti Nyoman Mertayasa,S.E., Kapolres Poso, AKBP Darno, S.H.,S.I.K, Danyonif 714/Sintuwu Maroso, Mayor Inf C. Rusmanto, Ketua DPRD Poso, Ibu Sesi KD Mapeda, Kabinda Kabupaten Poso Kol. Kav. Abdul Rahman, Kajari Kabupaten Poso Bpk L. B Hamka, S.H, M.H, Kepala Pengadilan Negeri Poso Bpk. Harianta, S.H, M.H dan tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan upacara disiarkan secara virtual ini, Presiden RI Ir. H Jokowi masuk ke ruangan Istana Negara dan menuju mimbar kehormatan untuk memimpin upacara pukul 09.00 WIB. Para pasukan terdiri dari tiga perwakilan mantra TNI lengkap dengan satuan didalamnya.

Dalam amanat Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mengatakan, saya apresiasi atas peran TNI selama ini, khususnya di masa pandemi Covid-19.

“Seluruh dunia, termasuk kita di Indonesia, kini berkubang dalam perang melawan Covid-19, musuh tak kasat mata yang memporak-porandakan hampir semua tatanan kehidupan,” ucap Presiden.

Jokowi sangat mengapresiasi peran TNI selama ini, dalam menghadapi pandemi Covid-19, dari membantu mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan hingga ikut menegakkan aturan di daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Di tengah suasana itu, kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Tentara Nasional Indonesia atas berbagai perannya, dari membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan di daerah-daerah yang menerapkan PSBB, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19,” tuturnya.

Presiden berterima kasih kepada prajurit TNI bahwa, telah tertanam kuat karakter pejuang dalam diri prajurit TNI, karakter pejuang ini harus terus melekat dan terlembaga dalam pengabdian prajurit TNI dimanapun berada. Karakter pejuang yang selalu siap untuk besinergi bekerjasama bahu-membahu dengan berbagai elemen bangsa, sinergi antar koprs, sinergi antar matra, sinergi antar instansi serta sinergi dengan TNI-Polri. Presiden juga berharap TNI selalu bersikap professional, agar TNI selalu menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

“Dirgahayu TNI teruslah menjadi Tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat”

Para peserta yang hadir dalam rangka HUT TNI ke-75 di Mayonif 714/SM ini terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Victir)Peringatan HUT ke-75 TNI Digelar secara Virtual dari Istana Negara. ( Agus )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed