oleh

Pemdes Pasirlaja Realisasikan Pembangunan RUTILAHU 7 Unit Rumah 

-daerah-12,223 views

Detik Bhayangkara.com, Bogor – Program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dikucurkan anggaran dari pemerintah, anggaran ini untuk masyarakat yang tidak mampu, yang pantas untuk di renovasi.

Seperti halnya keberadaan Desa Pasirlaja Kecamatan sukaraja, fesa ini mendapat kucuran dana untuk renovasi rumah sebesar Rp15 juta per rumah semuanya sudah terealisasikan .

Dana bantuan tersebut digunakan untuk membeli bahan material bangunan rumah tidak layak huni.

Hal tersebut di paparkan kasie pemerintahan /tim TPK, Hendra Supriadi beserta jajaranya saat ditemui media di kantor menyampaikan, dari 7 rumah yang telah terealisasikan, warga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah desa yang telah mengajukan program tersebut melalui kepala Desa.

”Adapun warga yang mendapatkan program RTLH berada di:Rt 02,03,05/RW 05 kp.Lewikotok,02/4,02/03 kp.pasirkapa, 04/01jln Sukaraja dan 01/02 Menteng II,” ucapnya.

Pelaksanaan rutilahu ini melibatkan BPD, LPM, Babinsa, Binmas dan TPK sebagai pemantau kegiatan, untuk membuat RAB dari kebutuhan rumah tidak layak huni/RTLH mengacu kepada kondisi rumah yang akan dikerjakan/rehab dalam program ini, karena menyangkut anggaran yang sudah ditetapkan sebesar 15 juta, diberikan bentuk bahan bangunan yang dibutuhkan dalam rehab RTLH bukan uang.

”Perhatian dalam pelaksanaan rutilahu adalah kondisi atap, lantai dan dinding rumah yang sudah tidak layak huni sesuai mekanisme kriteria petunjuk teknis yang harus diikuti,” jelas Hendra.

Masih menurut Hendra, karena sudah dibuat RAB kebutuhan rehab rumah dan anggaran yang sudah ditetapkan, pekerjaan harus dimaksimalkan dengan protokol kesehatan.

”Dengan adanya program Rutilahu ini, kami bisa merealisasikannya ke warga yang membutuhkan bantuan tersebut. Walaupun bantuan tersebut masih belum maksimal, mengingat masih banyak masyarakat Desa ini yang butuh dengan program tersebut,” urainya.

Ditambahkannya, berharap kedepannya program seperti ini, lebih meningkatkan dukungan dan partisivasi masyarakat terhadap program pemerintah,semoga program Rutilahu yang sudah dilakukan dapat dirasakan oleh warga di Desa Pasirlaja.

Karena, imbuhnya, didesa sangat membutuhkan program tersebut, semoga kedepannya program tersebut masih ada dan ditambah kuotanya untuk desa kami.

Sementara untuk bansos, hendra mengatakan, semuanya sudah dilaksanakan sesuai dengan yang sudah di atur oleh pemerintah mulai dari sipenerimanya sampai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

”Untuk bansos yang sudah di serahkan rincian yaitu,BanPres 215 kk, BanProv 400 lebih ,Bantuan Bupati berupa beras 2 karung dengan jumlah penerima 685 kk hanya baru 2 bulan desa pasirlaja menerimanya, Desa Pasirlaja juga mendapat Bantuan 240 dari Bank Mandiri berupa sembako sudah 3 kali mendistribusikan kepada warga. Total semua penerima bantuan di desa pasirlaja mencapai 1.835 kk dari total pengajuan yang diinput 3.500 kk,” sambung hendra

”Semoga masyarakat yang menerima semua bantuan dari pemerintah berupa program bansos dan program RUTILAHU dapat meringankan beban masyarakat khususnya di desa pasirlaja dan dapat meningkatkan pola kehidupan yang lebih baik,” harap hendra.

Hal yang sama di utarakan Warga Desa Pasirlaja, kami mengucapkan sangat berterima kasih kepada semua kalangan perangkat Desa, LPM, BPD staf desa yang telah membantu pelaksanaan program Rutilahu ini, yang terelealisasi dengan baik dan tepat sasaran.

”Kami ucapkan banyak terima kasih kepada pihak pemkab bogor yang telah mengucurkan dana program tersebut,” ucap salah seorang warga.

Karena, imbuhnya, didesa sangat membutuhkan program tersebut, semoga kedepannya program tersebut masih ada dan ditambah kuotanya untuk desa kami. (Abet)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed