oleh

Menteri Pertanian Meninjau Lokasi Embung Giriroro Kabupaten Boyolali

-daerah-12,129 views

Detik Bhayangkara.com, Boyolali – Komandan Kodim 0724/Boyolali, Letkol Inf Aris Prasetyo, S.I.P., M.I.P. bersama Kapolres Boyolali, AKBP Rachmad Nur Hidayat S.I.K., S.H bersama jajaran Forkopinda Kabupaten Boyolali sambut kedatangan Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo, Kamis Siang (15/10/2020).

Kedatangan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo kali ini adalah mengunjungi embung Giriroto yang berada di Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Mentan dalam kunjungannnya, mengecek secara langsung keberadaan embung yang merupakan program dari pemerintah. sebanyak 1.053 embung bendungan dalam kurun 2015-2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga terus meningkatkan jumlah tampungan air melalui pembangunan embung di seluruh Indonesia, termasuk salah satunya embung Giriroto ini.

“Dengan adanya embung menambah penyediaan sarana dan prasarana air sebagai upaya mewujudkan ketahanan air dan kedaulatan pangan selain untuk irigasi sawah juga bermanfaat untuk konservasi air yang dapat digunakan sebagai sumber air baku, sumber air bagi ternak terutama pada saat musim kemarau,”tuturnya.

Air, imbuhnya, adalah komponen penting dalam pertanian. Oleh karena itu, kita ingin memberi jaminan agar petani bisa mendapatkan air selama musim kemarau.

“Sehingga pertanian bisa terus berlangsung dan produksi tidak berhenti meski sedang menghadapi musim kemarau, Kalau Air melimpah insyaallah kebutuan ketahanan pangan di Indonesia akan kuat, kalau ketahanan pangan kuat, petani pastinya lebih sejahtera, Kita harapkan petani dan warga sekitar embung bisa bertanggung jawab dalam menjaga maupun mengelola embung ini, sehingga manfaatnya bisa dirasakan para petani dan warga,” ungkapnya.

Kunjungan Mentan dilanjutkan meninjau penggilingan padi, atau Rice Milling Unit (RMU) Korporasi Petani Koperasi Serba Usaha (KSU) Citra Kinaraya di Desa Mlantiharjo, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. ( Adhi.S)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed