oleh

Bawaslu Rekomendasi Plt. Kadis Dikmudora ke KASN

-politik-10.339 views

Detik Bhayangkara.com, Koltim
Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kabupaten Kolaka Timur , Sulawesi Tenggara, Bobby Egi Suwirno akhirnya direkomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), karena terbukti melanggar aturan mengenai netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparat Sipil Negara (ASN).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Koltim telah mengeluarkan surat pemberitahuan status laporan terhadap aksi pasang badan Bobby dalam media sosial yang telah viral, Senin (9/11/2020).
Surat pemberitahuan itu ditandatangani atas nama Ketua Bawaslu, La Golonga yang juga Kordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran (HPP).

Ternyata belakangan diketahui, setelah fotonya viral berada di posko pemenangan calon bupati petahana, Tony Herbiansah, tim paslon Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur (SBM) langsung mengambil insiasi untuk melapor di Bawaslu, Minggu (8/11/2020). Adalah Hastar Fitrayadi yang melaporkan hal itu, namun sayangnya, Hastar hanya melaporkan Bobby saja, sementara Marwan yang berada di posko saat itu tidak dilaporkan.

Setelah melakukan verifikasi, Bawaslu berkesimpulan yang bersangkutan terutama Bobby memenuhi unsur pelanggaran netralitas PNS/ASN pada pilkada Koltim 2020.

Ketua Bawaslu Koltim, Rusniyati Nur Rakibe menyatakan, Bobby dinilai melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tentang disiplin ASN, Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 tahun 2004 tentang kode etik PNS.

“Untuk lebih jelasnya apakah rekomendasinya sudah dikirim ke KASN atau belum silahkan hubungi pak La Golonga (Kordiv HPP) karena kebetulan saya lagi di Jakarta dalam rangka tugas dari Bawaslu itu sendiri,” kata Rusniyati melalui telepon, Selasa (10/11/2020).

Sementara itu, La Golonga yang coba dikonfirmasi oleh wartawan melalui telepon juga, perihal apakah rekomendasi atas pelanggaran Bobby sudah dikirim ke KASN belum berhasil. Pasalnya, meskipun dalam kondisi hp-nya aktif tetapi La Golonga tidak bersedia mengangkat.

Terbongkarnya ketidaknetralan Bobby pada pilkada ini berawal dari viralnya foto dirinya yang tengah berada di posko Tony Herbiansah. Dalam postingan yang beredar di media Facebook, Bobby tidak sendiri waktu itu, melainkan bersama PNS lainnya, Marwan serta Hamjan, salah seorang tenaga pendamping di Dinas Sosial Koltim. (a/tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed