oleh

Proyek Drainase U Ditch Jalan Garuda Disambung Batu Kali

-daerah-10.261 views

Detik Bhayangkara.com, Palu – Diduga pekerjaan drainase di jalan Garuda Kota Palu tidak lazim, karena kontraktor PT Vertikal Tiara Manunggal mengerjakan pemasangan material U Ditch, kemudian sebagian ditambah pasangan batu kali diatasnya. Akibatnya kualitas pekerjaan utàma diragukan.

Pantauan Media ini dilokasi proyek memperlihatkan telah dilakukan pemasangan batu kali disisi belakang pasangan U Ditch hingga menutup bagian atas U Ditch, sehingga yang nampak dipermukaan adalah pasangan batu, bukan pasangan U Ditch.

“Walaupun pasangan batu dilakukan disamping pasangan U Ditch’ hingga menyambung bagian atas U Ditch, tapi tapi kualitasnya pasti tidak sama dengan U Ditch yang dibuat secara full,” ujar Man, warga jalan Garuda yang juga sehari-harinya berprofesi sebagai kontraktor.

Lanjut Man, perlu dilakukan tes kualitas antara pasangan batu dengan U Ditch yang sudah terpasang di jalan Garuda.

“Sebab teori yang mereka pelajari dan terapkan selama ini tidak ada rumus yang membolehkan U Ditch disambung dengan pasangan batu kali, walaupun harus dipasangan secara paralelel, kemudian menutup bagian atas U Ditch tersebut. Kualitasnya sudah pasti tidak sama,” tandasnya.

Man berharap, Aparat penegak hukum Jangan tutup mata dan segera melalukan full baket, supaya saat setelah dilakukan serah terima pekerjaan, APH sudah bisa Jalan Proses Penyidikan dan Penyelidikannya secepatnya.

Kepala Bidang Bina Marga PUPR Kota Palu, Muh Nur yang dikonfirmasi membenarkan ada sebagian U Ditch yang ditambah pasangan batu karena kondisinya tertanam. Pasangan batu tidak langsung diatas U Ditch, melaikan dari samping hingga menutup bagian atas u ditch. Jadi antara pasangan Batu dengan U Ditch bersatu dan senyawa.

”Kualitasnya sama kalau full menggunakan U Ditch,” ungkap Muh Nur.

Muh Nur mengakui kalau memang ada kekeliruan soal perencanaan, tapi bisa dimaklumi sebab bisa diperbaiki dan sekarang sudah bisa berjalan sesuai yang diharapkan. ( Agus )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed