oleh

Babinsa Plosokerep Koramil 02 / Karangmalang Bantu Evakuasi Sarang Tawon Vespa

-daerah-11,993 views

Detik Bhayangkara.com, Sragen – Babinsa Plosokerep, Pelda Suyatno anggota Koramil 02/Karangmalang, Kodim Sragen bersama Tim SAR Resi, Rescue Orari dan Senkom Sragen melakukan tindakan evakuasi sarang tawon Vespa yang bersarang di atap rumah milik Eko Harmoko Dukuh Sarirejo RT 24 dan di lingkungan rumah Mario Dukuh Wates RT 15 Desa Plosokerep Karangmalang, Senin (11/01/2021).

Untuk proses evakuasi tetap menerapkan Protokol Kesehatan dan hanya melibatkan berberapa orang saja untuk mencegah kerumunan warga.

Menurut pemilik rumah, Eko Harmoko Dukuh Sarirejo mengatakan bahwa, sarang tawon tersebut sangat meresahkan karena sudah masuk kedalam rumah dan setiap hari sarang tawon menjadi tambah besar sehingga mereka merasa ketakutan saat berada di dalam rumah.

“Proses evakuasi berlangsung cukup sulit karena sarang tawon berada di posisi yang terjepit diantara genting rumah sekaligus berada di tempat yang cukup tinggi butuh waktu sekitar kurang lebih satu jam,para tim relawan baru bisa berhasil mengevakuasi sarang tawon,” katanya.

Evakuasi, imbunnya, dilakukan dengan cara menyemprot lubang sarang tawon dengan bensin dan tanpa perlu dibakar, setelah aman dan tawon mati baru sarang tawon tersebut dipotong dan dimasukkan kedalam karung yang sudah disiapkan.

”Saya tidak menyangka sarang tawonnya sudah tambah besar sejak beberapa hari ini, kami tidak berani menghilangkan sarang tawon itu, dan kami tidak nyaman berada didalam rumah,” tutur Eko.

“Hal ini membuat keluarga kami resah,kemudian melaporkan kepada Tim Relawan untuk memohon bantuan evakuasi sarang tawon tersebut,” jelas Eko

Tim SAR Resi Sragen yang menerima laporan tersebut langsung turun ke rumah Eko bersama Rescue Orari dan Senkom yang didampingi oleh Babinsa setempat,tidak lama sarang tawon tersebut dapat dievakuasi dengan aman.

Sebelumnya tim Relawan bersama Babinsa telah berhasil mengevakuasi sarang tawon di Dukuh Wates RT 15 di pekarangan rumah milik Mario yang posisi sarang tersebut berada di rumpun bambu sehingga proses evakuasi dengan cara dibakar dilakukan.

Suyatno mengatakan bahwa, malam ini kami sudah mengevakuasi sarang tawon di dua lokasi tanpa ada kendala yang berarti.

“Untuk warga apabila kesulitan dalam evakuasi sarang tawon jangan sungkan untuk melaporkan kepada kami karena itu sudah menjadi bagian tugas kami, untuk selalu bersama-sama membantu mengatasi kesulitan rakyat,” pungkasnya. ( Adhi.S )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed