oleh

Dandim Boyolali Pimpin Swab Antigen Anggotanya

-daerah-10.117 views

Detik Bhayangkara.com, Boyolali – Dandim 0724/Boyolali Letkol Inf Aris Prasetyo, S.I.P., M.I.P. gelar swab test antigen yang diikuti seluruh personel Kodim 0724/Boyolali, baik Prajurit TNI maupun PNS yang bertempat di Aula Kodim 0724/Boyolali, Kamis (14/01/2021).

Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona Covid – 19 pasca libur akhir tahun baru 2021,Ini merupakan salah satu upaya dalam mengantisipasi penyebaran virus, sehingga tidak menjadikan klaster baru di lingkungan Kodim 0724/Boyolali.

”Kegiatan rapid test ini bertujuan untuk memastikan seluruh anggota terbebas dari terpaparnya Covid -19,dan apabila saat test ada anggota hasilnya reaktif akan langsung dilakukan penanganan lebih lanjut,” tutur Dandim.

Pemeriksaan antigen dipilih sebagai tingkat kewaspadaan terhadap Prajurit usai melaksanakan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru, karena Antigen muncul pada fase awal terinfeksi Virus Covid -19, yang mana akurasinya begitu tinggi menyerupai pemeriksaan PCR pada tingkat sensitivitas yang diatas 90% serta spesifisitas yang mencapai 100% menjadi point penting dalam pemeriksaan terhadap prajurit yang potensial terpapar virus mengingat aktivitas selama pengamanan di lapangan memiliki tingkat interaksi sosial yang tinggi.

Sementara untuk hasilnya dapat diketahui dalam kurun waktu 10 – 15 menit sehingga sangat tepat digunakan untuk skrining atau sebagai syarat bebas Covid -19.

Setelah mengikuti kegiatan rapid test, Dandim pun menghimbau seluruh prajurit untuk lebih konsisten dalam menerapkan Protokol Kesehatan,sebab selaku panutan, prajurit TNI harus menjadi teladan atau contoh yang baik bagi masyarakat untuk mewaspadai ancaman Covid -19 dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan.

”Budayakan 3 M, antara lain: Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, dan Menjaga jarak fisik sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona, serta biasakan berperilaku hidup bersih dan sehat,” pesan Dandim.

Beliau juga menambahkan, penting bagi setiap orang khususnya anggota TNI, PNS dan keluarga membiasakan diri dengan Adaptasi Kebiasaan Baru ( AKB )dengan masyarakat di tengah Covid – 19 yang belum berakhir.

“Sampaikan edukasi Protokol Kesehatan, di mana anggota TNI disaat bertugas maupun berada di keluarga, kerabat, dan lingkungan sekitar dengan selalu berdoa agar kiranya pandemi ini segera berakhir,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kodim 0724/Boyolali dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali yang dipimpinnya langsung oleh Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan, dr. Evy Eko Sunaryanti. ( Adhi. S)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed