oleh

Luapan Air sungai Sekayam mengakibatkan Banjir dan Puluhan rumah Warga terendam Air

-daerah-10.161 views

Detik Bhayangkara.com, Kalbar – Luapan air yang tidak jalan di sungai kecil tak jauh dari rumah penduduk, ini akibat oleh air Sungai Sekayam meluap naik. Jadi air sungai kecil didekat kampung warga depan rumah saya tidak jalan ahirnya menyebabkan banjir hujan deras dalam beberapa hari terakhir ini mengakibatkan air Sungai Sekayam meluap ke sungai kecil yang tak jauh dari pemukiman warga RT 05, Jln Pak Tangker, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, pada Kamis (14/01/2021) dini hari tadi.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Saepul (35) warga RT 05, ia mengatakan bahwa, air mulai naik jam 12 malam (13/01/2021), dan puncaknya jam 03:00 pagi tadi naik sekitar 1,80 meter. Kejadian banjir RT 05 Jln Pak Tangker, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, dan beberapa tempat lainnya disekitar Entikong.

”Saya atas nama Kordinator LP3K-RI dan wilayah Kalimantan Barat, langsung menghubungi Satgas Pamtas 642/Kapuas tentang adanya kejadian banjir ini, memberikan informasi sekaligus meminta bantuan, dan pertama datang ke lokasi rombongan Kapolsek Entikong,” jelas Saepul.

“Luapan air yang tidak jalan di sungai kecil tak jauh dari rumah penduduk, ini akibat oleh air sungai Sekayam meluap naik ini mengakibatkan air sungai kecil didekat kampung warga depan rumah saya tidak jalan ahirnya menyebabkan banjir,” ucap Saepul.

Saepul menambahkan, banjir kali ini tidak ada memakan korban jiwa, namun ada beberapa rumah yang ambruk terkena air banjir yang rumahnya dibuat dipinggir sungai. Ada 25 KK yang terkena banjir di RT 05 Jln Pak Tangker. Dan untuk bantuan RT sudah mendata warga yang terkena dampak banjir.

”Selain itu yang ikut terjun ke lapangan banjir untuk membantu evakuasi warga, Kapolsek Entikong, Kades Entikong, Danramil Entikong, Kacabjari Entikong juga ikut terjun serta ada beberapa Anggota Satgas Pamtas 642/kps dan masyarakat sekitar,” tambah Saepul. (Peru Artiadi)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed