oleh

Kerja Bakti Peninggian Tanggul Sepanjang Sungai Wulan di Kecamatan Undaan

-daerah-11.407 views

Detik Bhayangkara.com, Kudus – Gotong royong peninggian tanggul sepanjang Sungai Wulan sebelah barat Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus yang mengalami penurunan, akibat curah hujan yang deras disertai dengan debit air yang meluap dari Waduk Wilalung ,Minggu ( 31/01/2021 ).

Gotong – royong tersebut dikerjakan sudah sejak Sabtu – Minggu, (30 – 31 Januari 2021) yang dimulai dari 20.00 – 04.30 Wib, dengan mengerahkan warga relawan sekitar 200 orang.

Sasaran fisik kegiatan gotong – royong tersebut adalah memperbaiki/peninggian tanggul sungai Wulan sebelah barat yang mengalami penurunan yang di akibatkan terkikis oleh arus air sungai yang sangat kuat dengan melakukan peninggian sekitar 30 cm dari kaki tanggul untuk menahan luapan air yang dimungkinkan akan semakin naik.

Adapun Desa yang mengalami penurunan pada tanggul diantaranya, Desa Medini Gang 5 gang 7 dan gang 9, Desa Sambung Gg 01 Rt 07/03 mengalami penurunan tanggul sepanjang sekitar 25 m, Desa Undaan Kidul Gg 07,serta Desa Undaan Lor Gang 17 Kecamatan Undaan.

Hadir dalam kegiatan peninggian tanggul sebelah barat Sungai Wulan di Kecamatan Undaan tersebut antara lain, Unsur Muspika Kecamatan Undaan, Kepala Desa setempat, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa setempat, Relawan BPBD Kabupaten Kudus, Para relawan Ormas PP (Pemuda Pancasila), Anggota BPD dan Prades, Sat Pol PP dan Linmas Kecamatan Undaan, Relawan PMI, Karang Taruna Kecamatan Undaan, serta warga masyarakat Kecamatan Undaan.

Kegiatan tersebut dengan menggunakan karung sak berisi tanah padas, ini sebagai langkah  untuk mengantisipasi dan pencegahan terhadap dampak meluapnya air sungai Wulan yang di akibatkan oleh tingginya Debit air yang deras dari Bendungan Waduk Wilalung, sehingga air melewati bantaran sungai pada bibir tanggul dimusim hujan yang diperkirakan dapat meluap membanjiri ke pemukiman warga.

Dengan adanya kegiatan gotong royong dalam rangka penebalan tanggul yang di lakukan secara manual untuk penanganan darurat dalam rangka mengatasi banjir dan sampai saat ini warga terus berjaga jaga dan bekerja untuk meminimalisasi air kiriman Bendungan Waduk Wilalung.

Warga berharap ada penanganan yang lebih komprehensif dari pemerintah agar tidak terjadi Jebolnya tanggul yang bisa mengakibatkan banjir di wilayah Kecamatan Undaan dan sekitarannya di Kabupaten Kudus. ( Adhi.S )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed