oleh

Jaringan VSAT Sebuah Aplikasi Yang Dibangun Untuk “Si Warga ” Desa

-daerah-10.227 views

Detik Bhayangkara.com, Jepara – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Profesional Jaringan Mitra Kerja Negara ( Projamin) Kabupaten Jepara, yang dipimpin oleh Fuad melakukan kegiatan pengenalan aplikasi VSAT “Si Warga” merupakan singkatan dari Very Small Aperture Terminal, yang berfungsi antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.

Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi.

Acara berlangsung di Balai Desa Pecangaan Kulon, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara yang dipandu oleh Kepala Desa Muhammad Abdurrahman, S.E.,yang didampingi oleh perangkat desa, Babinkabtinmas, tim provider VAST, mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama (STIENU) Jepara, warga masyarakat, pengurus PAC Projamin Pecangaan Kulon dan Tim Projamin DPC Kabupaten Jepara, Senin ( 1/3/2021 )

Teknologi jaringan internet VSAT baru diperkenalkan secara langsung sebagai pilot projek yang menjadi pilihan untuk uji coba awal adalah desa Pecangaan Kulon.

Adrianus Himawan selaku Direktur program VSAT menguji coba dan memperkenalkan aplikasi “si warga”.

”Aplikasi “si warga” adalah aplikasi untuk membantu dan memudahkan masyarakat seperti bikin surat pengantar, pelaporan/pembuatan KTP/KK dan sistem administrasi lain secara online/digital dan bisa diakses dari aplikasi di rumah atau di manapun, baik dari RT sebagai user melalui log in ke android atau PC, yang terkoneksi ke komputer desa, sebagai bentuk digitalisasi sistem pelayanan desa.

“Aplikasi “si warga” akan segera diluncurkan sekitar 2 minggu lagi dan kedepannya juga akan dikembangkan seperti untuk akses UMKM dan yang lainnya, serta ke desa-desa, yang akses jaringan internet belum terkoneksi secara stabil baik jaringan atau pelayanannya, seperti di wilayah pulau Karimunjawa,” ujar Adrianus Himawan.

Ketua DPC Projamin Fuad juga meminta dukungan kepada seluruh elemen masyarakat dan juga pemerintah untuk mendukung penuh program ini.

Petinggi Pecangaan Kulon M. Abdurrahman, S.E., menyambut dengan baik dan senang hati karena daerahnya terpilih menjadi yang pertama di wilayah Kabupaten Jepara.

“Semoga masyarakat bisa lebih mudah mengakses pelayanan desa dengan adanya program internet ini,” harapnya.

“Dan semoga masyarakat juga mengetahui kegunaan sarana-sarana yang ada, dan nanti kita juga mengedukasi kepada masyarakat lebih luas lagi,” ujar M Abdurrahman, S.E.

Pihak provider penyedia VSAT, akan menyediakan hardware dan software, di desa Pecangaan Kulon, Kabupaten Jepara, agar pilot project bisa menjadi percontohan bagi desa-desa lain, untuk selanjutnya. ( Sunarso)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed