oleh

Bupati Lantik Pjs Sekda Koltim Bersama Plt Inspektorat dan Kabag Umum

-daerah-12,079 views

Detik Bhayangkara.com, Koltim – Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan oleh Bupati kolaka timur kepada Pjs Sekda koltim Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S.STP, M.Si serta pelantikan Plt Inspektorat, Husain Tanggapi dan kabag umum, Rajolin turut dihadiri oleh Wakil Bupati dan Ibu Ketua PKK Koltim serta jajaran TNI-Polri, jum’at (5 Maret 2021).

Diawal sambutannya Bupati mengucapkan, selamat kepada para pejabat yang dilantik.

”Pertama-tama Saya mengucapkan selamat bertugas kepada saudara Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S.STP, M.Si, yang saat ini baru saja kita saksikan secara bersama pelantikan sebagai penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur, sesuai surat persetujuan dari Gubernur nomor 13 3.74 dan 939 tanggal 3 Maret 2021 semoga dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya karena status penjabat Sekda sesungguhnya sama dengan pejabat Sekda Definitif,” ucapnya.

Dilaksanakannya, imbuhnya,  pelantikan penjabat Sekda hari ini karena adanya kekosongan jabatan Sekretaris Daerah sejak tanggal 1 Maret 2021 kemarin.

Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 3 tahun 2018 tentang pejabat Sekretaris Daerah pasal 5 ayat 2 menegaskan bahwa Bupati/Walikota mengangkat pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten kota untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah setelah mendapat persetujuan Gubernur sebagai Wakil pemerintah pusat dan pasal 3 meningkatkan masa jabatan pejabat sekretaris daerah sebagaimana dimaksud pada ayat 2 paling lama 6 bulan tidak bisa melaksanakan tugas dan paling lama 3 bulan dalam hal terjadi kekosongan sekretaris daerah.

Pejabat dilantik oleh pejabat Pembina kepegawaian kepegawaian paling lambat 5 hari kerja terhitung sejak keputusan pengangkatan Sekretaris Daerah ditetapkan. aturan pelaksanaan pasal 12 ayat 6 undang-undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Pelantikan menjadi penting karena penjabat Sekretaris Daerah mempunyai tugas yang sangat strategis yaitu membantu kepala daerah,menyusun kebijakan dan pengkordinasian administratif pelayanan tugas perangkat daerah, serta pelayanan administrasi dan keuangan.

”Saya berharap dan tegaskan kepada Penjabat Sekda agar dapat melaksanakan fungsi dan tugas penjabat Sekretaris Daerah dengan baik dan benar dengan penuh rasa tanggung jawab di samping itu juga penjabat harus dapat memastikan program-program Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur berjalan sesuai dengan perencanaan,” tegasnya.

Apalagi visi-misi kami bersama ibu Mery sangat tegas. Bagaimana mewujudkan Sejahterah Bersama Masyarakat (SBM) Agamis, Maju, Mandiri dan Berkeadilan (AMAN)

Disamping itu kedisiplinan ASN. Sebagaimana kita ketahui bahwa kemarin itu masih dalam masa transisi, kita lihat secara makro banyak ASN yang tidak jelas, masuk kantor atau tidak.
Masih banyak kosong kantor.

”Saya tadi diskusi dengan BPK, mereka mau datang memeriksa tapi hampir tidak ada orang dikantor. Saya ragunya, jangan sampai mereka izin ke istrinya mau berkantor padahal mereka tidak masuk kantor,” jelasnya.

Karena itu saya harapkan kedisiplinan ini diperhatikan sehingga kinerja kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik (maksimal).

Berikutnya, pengelolaan administrasi dan keuangan, apalagi dengan adanya refocusing ini dapat digenjot dan dipercepat, kemudian mempersiapkan sekretaris gugus tugas covid19 dan dikembalikan pada tugas pokok dalam hal ini BPBD dan Kesehatan sehingga betul-betul bisa bekerja maksimal.

”Kemudian juga saya tegaskan bahwa BPK saat ini sementara ada, pak Sekda masih ada juga OPD yang kurang komitmen terhadap pemeriksaan. Saya harapkan untuk dipantau,” bebernya.

Saya juga berikan amanah kepada Husein Tanggapili yang selama ini Sekretaris Inspektorat sebagai pelaksanaan tugas (Plt) Inspektur.
Besar harapan saya agar saudara dapat dengan cepat menyelesaikan tugas-tugas dan tanggung jawab yang besar seperti pengawasan internal pemerintah daerah.

”Kaloborasi dengan pak Sekda sehingga semua berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,” katanya.

Sebagai kabag Umum saya percayakan kepada Rajolin karena pejabat yang sekarang ini telah pindah kedaerah lain.

”Saya percaya dengan pengalaman selama ini dapat membantu saya bersama wakil bupati dan waktu pelaksanaan pemerintahan sesuai dengan visi misi yang dituangkan dalam program kerja di masa mendatang yaitu SBM AMAN,” tutupnya. (to*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed