oleh

Rakor Sinergisitas dan Kolaborasi Pengamanan Ibadah Wafatnya Isa Almasih dan Paskah 2021

-daerah-11,482 views

Detik Bhayangkara.com, Kab. Malang – Bertempat di Gedung Sanika Satyawada Polres Malang, digelar Rapat koordinasi ( Rakor ) sinergisitas dan kolaborasi untuk pengamanan kegiatan ibadah wafatnya Isa Almasih dan Paskah, Kamis (01/04/2021).

Terlihat hadir dalam giat tersebut, Wakapolres Malang Kompol Himmawan Setiawan, Mayor Joko Isdianto Kasdim 0818 Malang-Batu, Drs. Didik Gatot Subroto Wakil Bupati Malang, Dr. H. Musta’in, M.Ag Kepala Kemenag Kabupaten Malang, KH. Fadlol Hija’ Ketua MUI Kabupaten Malang, Romo Yosep Utus, O.Carm (Keuskupan Kota Malang.

Dalam sambutannya, Kabag Ops Polres Malang Kompol Hegy Renanta Koswara menyampaikan, terkait pengamanan kegiatan ibadah wafatnya Isa Almasih dan Paskah, kita melibatkan seluruh elemen Masyarakat seperti Pemuda Pancasila, Kokam dan dari NU.

“Jumlah gereja di wilayah Kabupaten Malang yang melaksanakan kegiatan ibadah perayaan paskah sebanyak 124 gereja,” ungkapnya.

Kita lakukan pengamanan sesuai SOP, dan kita ploting anggota sesuai kebutuhan pengamanan gereja yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

“Mengingat masih dalam masa pandemi covid-19, agar tiap-tiap Gereja tetap menjalankan Protokol kesehatan,” tuturnya.

Sedangkan Wakapolres Malang Kompol Himmawan Setiawana mengimbau, terkait pengamanan ibadah wafatnya Isa Almasih dan Paskah di wilayah Kabupaten Malang dan adanya aksi teror yang terjadi di Makasar dan Jakarta.

“Maka dari itu, kita perlu antisipasi dan tidak perlu takut, kita bersama-sama melaksanakan kegiatan pengamanan dengan melibatkan Ormas (Kokam, Pemuda Pancasila dan Banser), guna memberikan rasa aman kepada saudara kita yang menjalankan ibadah,” terangnya

Kasdim Mayor Joko Isdianto yang mewakili Dandim 0818 menegaskan, Bahwa kegiatan Ibadah wafatnya Isa Almasih dan Paskah merupakan kegiatan rutinitas.

“Kita tidak boleh ego sempit, kita siap membackup yaitu dari kodim backup ke koramil. Kegiatan ibadah ini harus kita amankan bersama-sama,” tegasnya.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Malang H. Gatot Subroto menambahkan, terkait ibadah perayaan Paskah kami atas nama Bupati Malang mengucapkan Selamat melaksanakan hari raya Paskah.

“Terima kasih kepada Polres Malang dan Kodim 0818 dalam rangkaian ibadah Paskah dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ucapnya.

Wakil bupati juga berharap, mari kita bersama-sama dengan Ormas menjaga Malang menjadi aman. Untuk wilayah yang rawan macet agar koordinasi dengan Kasat lantas.

“Untuk melaksanakan Patroli bersama Muspida Kabupaten Malang guna memberikan rasa aman kepada masyarakat yang menjalankan ibadah,” jelasnya

“Kami melalui Bintal Kabupaten Malang dalam rangka hari raya Paskah akan melibatkan semua ormas dan tokoh agama, untuk menjaga Kabupaten Malang menjadi aman dan kondusif,” paparnya.

Diakhir acara Romo Yosep Utus, O.Carm (Keuskupan Kota Malang) beserta Romo Samedi (Keuskupan Malang Gereja Kepanjen) mewakili seluruh umat Kristiani wilayah Malang mengucapkan, terima kasih kepada TNI-POLRI, Muspida Kab. Malang dan Ormas.

“Yang telah berkolaborasi mengamankan kegiatan ibadah perayaan paskah,” pungkasnya. (Hana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed