oleh

Mas Bup Dhito Sidak Jalan Putus di Desa Krecek Badas Kediri

-daerah-11,973 views

Detik Bhayangkara.com, Kediri – Hujan deras yang terjadi pada malam Jum’at menyebabkan tanggul sungai Karang Tengah jebol, dan akses jalan sepanjang 25 meter putus.

Akibatnya, akses jalan penghubung empat desa selama dua hari putus. yakni, Desa Krecek, Desa Blaru Kecamatan Badas dan Desa Karang Tengah Kecamatan Kandangan.

Kepala Dusun (Kasun) Pulorejo Desa Krecek, Subiakto mengatakan, penyebab jebol dan putusnya akses jalan karena dangkalnya sungai, disamping itu tanggul sebelah Timur sampai perbatasan Desa Karang Tengah sudah hilang sejak dulu.

“Sungai tidak muat menampung air akhirnya melubernya ke rumah warga setempat. Dan juga mengakibatkan tanggulnya jebol,” ucap Subiakto.

Masyarakat setempat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kediri untuk segera memperbaiki dan membangun jalan yang putus tersebut.

Dikarenakan, akses jalan tersebut merupakan sarana penting transportasi pertanian untuk masyarakat bisa secepatnya diperbaiki. Akses jalan yang menghubungkan Desa Karang Tengah Kecamatan Kandangan, Blaru dan Desa Krecek Kecamatan Badas.

“Dengan putusnya akses jalan tersebut warga setempat harus lewat jalan alternatif dengan memutar jalan kurang lebih sekitar 5 kilometer,” ucapnya.

Gerak cepat, Bupati Kediri H. Hanindhito Himawan Pramana, S.H yang akrab disapa Mas Bup Dhito terjun kelapangan dengan melakukan sidak lokasi jalan yang putus dan tanggul yang jebol didampingi oleh Kepala Dinas PUPR Irwan Candra, Perangkat Desa setempat dan Tim BPBD Kabupaten Kediri, Sabtu (3/4/2021).

Usai sidak lokasi jalan yang putus. Mas Bup Dhito kepada wartawan mengatakan, upaya yang dilakukan secepatnya melakukan normalisasi sungai, supaya kalau ada curah hujan tinggi lagi aliran air sungai bisa lancar.

Pihaknya juga mengimbau agar jangan sampai di bantaran sungai ada tanaman karena mau dibuatkan tanggul.

Lanjut Mas Bup Dhito, untuk memperbaiki jalan yang putus, kita akan datangkan alat berat.

“Saya sudah koordinasi dengan Irwan selaku Kadis PUPR menurut beliau hari Selasa sudah bisa sambung jalannya, “ucapnya.

Ditegaskan Mas Bup, kita perlu waktu tiga hari untuk memperbaiki jalan tersebut. Karena harus mendatangkan alat berat agar sampai di titik jalan yang putus.

“Paling cepat besok Senen alat berat sudah sampai di titik lokasi jalan yang putus, sehingga Selasa jalan sudah bisa tersambung,” pungkasnya. (RD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed