oleh

Plt Bupati Koltim dan Sekda Test Drive Saat Launching Motor Listrik Gesits

-daerah-10.131 views

Detik Bhayangkara.com, Koltim – Plt Bupati Kolaka Timur (Koltim) Hj. Andi Merya Nur, S.IP, membuka acara launching sebuah produk nasional bernama motor Gesits, di pelataran Aula Kantor Bupati, Senin (8/6/2021).

Launching dihadiri oleh sejumlah ASN, diantaranya Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda), Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S.STP, M.Si, para Kepala Dinas (Kadis), Asisten dan Kabag lingkup Sekretariat Pemda Koltim, Ketua TP-PKK Koltim, Diana Massi, camat, lurah dan beberapa kepala desa.

Plt Bupati, Andi Merya Nur, dalam sepatah katanya mengungkapkan, bahwa motor Gesits ini sangat bagus dipergunakan, karena dapat menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM), tidak menggunakan oli, dan yang terpenting dari motor listrik ini adalah ramah terhadap lingkungan.

“Bisa pula digunakan untuk pergi ke kantor atau dipakai jalan-jalan keliling pada sore hari,” tutur srikandi Koltim ini.

Di kesempatan itu pula, Andi Merya sempat melontar guyonan atas kehadiran motor Gesits tersebut untuk penggunaan tahun 2024.

“Bagus motor dipakai untuk tahun 2024, tidak ada suara. Senyap, tapi gesit gerakannya,” ucap Andi Merya tersenyum.

Sesaat acara launching ini usai digelar, Andi Merya dan Pj Sekda langsung test drive atau uji coba mengendarai sepeda motor Gesits yang dipajang oleh panitia. Selanjutnya, diikuti oleh sejumlah ASN  yang juga langsung melakukan test drive.

Sementara itu, Suyandri selaku penanggung jawab motor Gesits wilayah Sulawesi mengatakan, motor listrik Gesits ini sangat ekonomis digunakan. Maintenance setiap bulan nol rupiah. Sudah tidak ada lagi pengeluaran biaya bulanan, baik untuk oli maupun bahan bakar minyak.

Awalnya sepeda motor Gesits ini diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Kendaraan roda dua di bawah naungan PT Gesits Tecnologies Indo (GTI)

“Motor Gesits juga dirancang sangat ramah lingkungan, tidak ada polusi udara yang ditimbulkan. Motor Gesits ini sudah terjual kurang lebih 400 unit, dan terbanyak di wilayah Kota Kendari,” ungkap Suyandri, Senin (8/6/2021).

Dia menguraikan, motor listrik Gesits ini dapat menempuh perjalanan kurang lebih 70 kilometer. Bagi PNS, TNI-Polri yang akan membeli motor Gesits tidak dikenakan uang muka atau DP (Down Payment). Sedangkan bagi karyawan swasta, juga bisa tanpa uang muka, asalkan penggajiannya melalui bank BUMN.

“Kalau untuk petani/pekebun bisa minta ke unit usaha, bisa ke KUR. Misalnya, mengajukan permintaan dana KUR di bank sebesar Rp.50 Juta. Rp.35 Juta digunakan beli motor Gesits, sisanya digunakan untuk usaha, itu bisa. Karena bagian dari usaha tapi untuk operasional, kan boleh,” jelas Suyandri.

Suyandri mengatakan, untuk dealer resmi di Kabupaten Kolaka Timur sudah tersedia. Saat ini bertempat di Kecamatan Ladongi.

Sebelum melakukan sosialisasi di Kabupaten Kolaka Timur, pihak Suyandri juga sudah melakukan sosialisasi di beberapa kabupaten lainnya, seperti Wakatobi, Buton, Buton Utara (Butur), Kota Bau-bau, Konawe Utara (Konut) serta Kabupaten Bombana.

“Memang program ini akan dilakukan di 17 Kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara dalam rangka kampanye energi listrik. Mengapa kami mendahului sosialisasi di wilayah Sulawesi Tenggara? Karena sumber energi atau baterai yang ada dalam motor Gesits berasal dari Sulawesi Tenggara,” jelas Suyandri.

“Jadi ini suatu kehormatan bagi daerah kita. Kota Makassar, Gorontalo, Palu belum dilakukan sosialisasi seperti ini, Sultra yang duluan,” ungkap Suyandri.

Untuk diketahui, motor listrik Gesits ini diklaim sebagai karya anak bangsa, hasil kerja sama antara Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Dan saat ini, motor Gesits diproduksi di pabrik perakitan Cilengsi, Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, Motor listrik ini dibekali magnet synchronous motor berpendingin udara Gesits sanggup menghasilkan tenaga 6,7 dk pada 3.600 rpm dan torsi 30 Nm pada 2.125 rpm.

Sekali isi daya, Gesits bisa digunakan sekitar 50 km untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda.

Motor ini memiliki akselerasi dari nol hingga 50 kilometer per jam dalam waktu 5 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, seperti dijelaskan oleh marketing mencapai 70 km/jam.(@ntkom)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed