oleh

Gubernur Sultra Lantik Bupati Koltim Sebagai Bupati Definitip Periode 2021-2026

-daerah-10.089 views

Detik Bhayangkara.com, Kendari – Pelaksana Tugas Bupati Kolaka Timur, Hj.Andi Merya Nur,S S.IP resmi di lantik menjadi Bupati Definitif Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) periode 2021 – 2026 oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi di rumah jabatan ( Rujab ) Gubernur Sulawesi tenggara, Senin (14/6/2021).

Hal ini ditandai dengan proses pelantikan dirinya oleh Gubernur Sultra, H Ali Mazi yang berlangsung di Aula Rujab Gubernur Sultra yang berlangsung dengan protokol kesehatan sangat ketat, dan hanya undangan tertentu yang diperbolehkan untuk masuk menyaksikan secara langsung.

Berdasarkan SK Mendagri Nomor 131.74-1220 tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.74-74-265 Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Pada Provinsi Sulawesi Tenggara. Selain itu, SK tersebut juga diperkuat dengan terbitnya Surat Dirjen Otda Kemendagri kepada Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor 131.74/3651/OTDA perihal Penyampaian Keputusan Menteri Dalam Negeri tertanggal 4 Juni 2021.

Usai melantik, dalam sambutannya gubernur menyampaikan atas nama masyarakat dan pemerintah Provinsi Sultra, mengucapkan selamat atas pelantikan Andi Merya tersebut dan dirinya yakin masyarakat Sultra khususnya didaerah Koltim, merasa bangga dan bahagia menyambut kehadiran srikandi pertama ini sebagai pemimpin baru dengan mandat yang baru dan suatu kebanggaan semua sabagai bupati wanita pertama di Sultra.

“Saya selaku gubernur sekaligus pembina pemerintah kab dan kota di Sulawesi Tenggara, mengharapkan kepada saudari Bupati Kolaka Timur untuk dapat membangun kerja sama yang harmonis dan efektif serta bersinergi dengan jajaran birokrasi, forkopimda, swasta, stakeholder, terkait, dan elemen masyarakat lainnya, dalam rangka menggerakkan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang akan di jalankan,” harapnya.

“Selanjutnya, setelah saudari saya lantik, diharapkan agar segera diproses pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Sehingga dapat membantu saudari dalam mewujudkan visi dan misi yang telah dijanjikan kepada masyarakat Kolaka Timur, tentunya yang menjadi pendamping sebagai wakil bupati adalah yang dapat berkerja sama untuk seiring sejalan dan saling melengkapi satu sama lain dan bersinergi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kolaka Timur,” tegasnya.

Sebelumnya Andi Merya merupakan wakil Bupati Kolaka Timur berpasangan dengan Samsul bahri Madjid, namun di bulan maret lalu Bupati Kolaka Timur Samsul bahri Madjid meninggal dunia karena serangan jantung. Setelah di lantik oleh Gubernur Ali Mazi, andi Merya merupakan wanita pertama di Sulawesi Tenggara yang menjadi Bupati.

Setelah mengikuti prosesi pelantikan, Bupati Kolaka timur  langsung bergeser menuju salah satu rumah makan di kota Kendari. Di tempat itu, dia bersalaman dengan sejumlah masyarakat Koltim dan keluarga almarhum Samsul Bahri Madjid yang sudah menunggunya.

Di hadapan mereka, Merya menyampaikan bahwa dia berkomitmen untuk melanjutkan visi dan misi yang pernah dikampanyekan almarhum Samsul Bahri Madjid saat kampanye pilkada tahun lalu.

“Saya minta seluruh elemen untuk membantu dan mendukung dalam membangun Koltim yang sejahtera bersama masyarakat sesuai dengan visi dan misi yang telah disampaikan bersama Almarhm H Samsul Bahri Madjid SH MSi, saat kampanye yang lalu,” harapnya.

Langkah pertama, imbuhnya, yang akan dilakukan adalah membangun Kolaka Timur menuju lebih baik lagi, dengan bekerja sama dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah. Visi Misi bersama Almarhum Samsul bahri Madjid akan kita pertajam untuk membangun Koltim yang lebih baik, tetnya dengan dukungan dari OPD dan seluruh masyarakat Kolaka Timur.

“Semoga kita wujudkan misi dan visi SBM. SBM ini bukan tagline Samsul bersama Mery. SBM itu Sejahtera Bersama Masyarakat. Kami berkomitmen melakukan pelayanan secara santun bersahaja dan bermasyarakat,” ucapnya.

Merya menegaskan, walaupun Samsul Bahri Madjid telah tiada. Komitmen itu tetap dia jalankan sampai akhir masa jabatannya

“Kami komitmen tetap akan berjalan walaupun almarhum telah tiada sampai massal akhir jabatan kami. Insyaallah kami tidak akan berubah kami tetap SBM (Samsul Bersama Mery) bahwa semua yg ada di di Koltim perwakilan dari almarhum,” katanya.

“Maka saya mohon masukan dan saran. Seperti almarhum sampaikan kita semua adalah keluarga SBM. Mari kita sama- sama satukan pendapat dan pikiran untuk Koltim yang kita cintai. Hilangkan perbedaan pilkada lalu,” pintanya.

Usai ditempat tersebut, bupati bersam suami dan semua rombongan, langsung bertolak menuju Rujab Bupati Koltim. (@ntkom)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed