oleh

Bupati Koltim Turun Lakukan Pemeriksaan Randis OPD dan Camat

-daerah-10.158 views

Detik Bhayangkara.com, Koltim – Bupati Kolaka Timur ( Koltim) Hj. Andi Merya Nur, S.Ip bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Muh Iqbal Tongasa, SSTP, M.Si serta perwakilan BPKP Sulawesi Tenggara memeriksa kendaraan dinas yang ada di lingkup pemkab Kolaka Timur, Selasa (13 juli 2021).
Pengecekan tersebut dalam rangka tertib administrasi aset daerah.

Bupati Kolaka Timur (Koltim) meminta kepada para OPD, Camat yang menggunakan Kendaraan Dinas (Randis) agar memanfaatkannya sesuai peruntukan. Ini dikatakannya saat memeriksa kendaraan roda empat

Bupati menegaskan bilamana kendaraan dinas tersebut tidak digunakan sebagaimana mestinya, bahkan berpindah tangan kepada mereka yang tidak berhak atau tiba-tiba hilang, kita akan berikan sanksi sesuai ketentuan peraturan yang berlaku terkait dengan aset daerah kepada pemegangnya maupun penanggungjawabnya.

Dia menjelaskan kendaraan dinas ini harus diperiksa, karena ini merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban maupun akuntabilitas kita selaku pemerintah daerah terhadap aset-aset daerah.

” Saya minta agar SKPD dan Camat dapat menjaga aset dengan baik dan dimanfaatkan untuk kebutuhan dinas. Kendaraan dinas merupakan aset daerah dan digunakan untuk menunjang pelaksanaan tugas juga pelayanan kepada masyarakat,” ujar Mery.

Menurut Mery, pemeriksaan kendaraan dinas bertujuan untuk tertib administrasi. Hal itu terkait dengan pajak kendaraan, pemeliharaan kendaraan, dan administrasi pengguna kendaraan.

”Aset ini akan menjadi beban dan turun nilainya kalau tidak dirawat. Oleh karena itu pemegang kendaraan dinas harus bertanggung jawab terhadap kondisi kendaraannya,” kata dia.

Secara umum kondisi mobil dinas tersebuat dalam kondisi baik

Sementara itu Hermansyah selaku Kabid BPKPD mengatakan , perlunya dilakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap randis ini, selain untuk mengetahui kondisi terkini randis selama dipinjam pakaikan, juga guna mengetahui tingkat tanggung jawab si pemakai, terkait perawatan dan pemeliharaan randis selama diserahkan. Terlebih lagi guna memastikan secara dini agar randis tidak sampai dipindah tangankan.

”Pemeriksaan dan pengecekan randis ini. Selain untuk mengetahui kondisi fisik randis dan kelengkapan surat-suratnya. Terpenting kita minta jangan sampai randis pindah tangan tanpa sepengetahuan kita. Itu yang terpenting,” tutupnya. (@nt0DB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed