oleh

Proyek Siluman Muncul di Desa Wonorejo

-headline-10.596 views

Detik Bhayangkara.com, Kab. Lawang – Hampir dua minggu proyek siluman muncul di Dusun Sentong Desa Wonorejo Kec. Lawang. Pasalnya, proyek pelebaran jalan dan jembatan yang dianggarkan melalui Dinas PU Bina Marga Kab. Malang tersebut tanpa disertai papan nama.

Padahal, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek yang memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan,” tegas Ketua GPK, Rudi Setyohadi, ST, Minggu (29/8/2021).

Sesuai, imbuhnya, amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh negara wajib memasang papan nama proyek.

“Proyek yang tidak menggunakan papan nama (plang proyek) maka proyek tersebut adalah proyek siluman. Sehingga pihak kontraktor maupun pelaksana patut diduga telah melanggar Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012,” ucapnya.

Salah seorang Perangkat Desa Wonorejo, PD (inisial Red) saat dikonfirmasi terkait proyek tersebut membenarkan bila itu proyek dari PU Bina Marga.

“Saya tidak tahu nama kontraktornya, pekerjaan tersebut sudah sekitar dua minggu. Agak lambat penggaliannya karena dikerjakan secara manual atau tenaga manusia,” terangnya.

Hingga berita ini ditayangkan, Sekretaris Dinas (Sekdin) PU Bina Marga, Suwiknyo saat dikonfirmasi via selulernya belum ada jawaban dari dirinya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed