oleh

Wakil Walikota Malang Bersama Kadinkes Meninjau Pelaksanaan Vaksin di Gor Ken Arok

-daerah-10.627 views

Detik Bhayangkara.com, Kota Malang – Vaksinasi berbasis teritorial/kewilayahan terus digulirkan Pemerintah Kota Malang. Kali ini vaksinasi dosis pertama bagi warga Kecamatan Kedungkandang digelar di GOR Ken Arok Kota Malang, Minggu (29/8/2021).

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko beserta Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr. Husnul Muarif meninjau pelaksanaan vaksinasi yang berbasis teritorial ini, yakni lebih tertata dan lebih teratur.

Setiap kelurahan, warga yang akan melakukan vaksin diatur jamnya, 07.30-10.30 WIB untuk warga Kelurahan Buring, Wonokoyo, Tlogowaru, Bumiayu, Arjowinangun, dan Kotalama. Sedangkan 10.30-13.00 WIB untuk warga Kelurahan Mergosono, Kedungkandang, Lesanpuro, Madyopuro, Sawojajar, dan Cemorokandang.

Pada vaksinasi ini, Pemkot Malang menyediakan 5.000 dosis vaksin Sinovac yang disiapkan untuk warga Kedungkandang dengan menerjunkan 170 tenaga kesehatan. Hal itu mulai dari petugas screening, P-Care, sampai vaksinator yang berasal dari puskesmas, rumah sakit, klinik dan Satgas NU.

Kadinkes menjelaskan, untuk jenis vaksin yang diberikan adalah Sinovac, dosis pertama bagi usia 18 thn ke atas. Untuk warga yang sedang hamil sesuai kriteria juga bisa ikut vaksin di sini.

“Dosis kedua nanti juga diadakan di sini lagi,” paparnya.

Untuk capaian vaksinasi secara keseluruhan di Kota Malang, dr. Husnul mengatakan, vaksinasi dosis pertama di Kota Malang update per tanggal 27 Agustus 2021 sudah mencapai 57,32 persen.

“Dosis kedua 30,15 persen, sedangkan untuk yang khusus nakes dosis tiga sudah 67,90 persen,” tambahnya.

Menurut Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko vaksinasi akan terus dilanjutkan untuk mencapai head immunity bisa mencapai 70 persen. Ini akan memberi dampak pada angka terpapar dan kematian.

“Ini semua dikaitkan dengan ketersediaan vaksin. Semakin siap vaksinnya, maka akan banyak menjangkau warga. Sekarang masih banyak warga yang belum mendapatkan vaksin,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko yang terjun ke lokasi vaksinasi langsung bertindak cepat. Dibantu Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Kapolsek Kedungkandang hingga Camat Kedungkandang, Wawali Kota Malang ikut mengatur warga yang hendak vaksin agar potensi kerumunan tersebut tidak terjadi.

Pria yang akrab disapa Bung Edi tersebut terlihat sangat sibuk mengatur satu persatu peserta yang mengantri, dan menggeser beberapa peserta yang terlihat sedikit berkerumun.

Pelaksanaan vaksinasi kali ini tergolong jumlah yang paling banyak dibanding di wilayah lain namun tetap terlaksananya dengan baik dan aman. (Hana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed