oleh

Daerah Aliran Sungai Desa Totabuan Mulai Rusak

-daerah-11,602 views

Detik Bhayangkara.com, Bolmong – Perusahaan PT MEN yang beroperasi di desa totabuan kecamatan lolak kabupaten bolaang mongondow di bantaran sungai pengerukan pengolahan emas mengunakan alat berat mulai rusak.

Pertambangan Perusahaan PT. MEN ini tidak banyak memberikan dampak positif bagi Masyarakat 200 penduduk desa totabuan, secara khusus di wilayah pedesaan. Bahkan dampak aktifitas pertambangan ini telah merusak lingkungan hidup, secara khusus wilayah DAS (Daerah Aliran Sungai).

Hasil pantauan tim media  (1/9/2021), ada beberapa faktor penguruskan bantaran sungai totabuan  di mana sudah banyak pengrusakan yang di lakukan oleh perusahaan dengan mengunakan alat berat tanpa memikirkan kelestarian sungai Totabuan  dari tahun 2015.

Dalam surat keputusan Gubernur sulawesi utara nomor 226 tahun 2015 tentang persetujuan penciutan pertama tahap operasi produksi wilayah izin usaha pertambangan mineral logam PT. Monumen Energi Nusantara pada blok bulud boguk di kecamatan lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow Sulawesi Utara.

Dalam ijin usaha tidak di sebutkan penciutan di sungai totabuan kecamatan lolak kabupaten bolaang mongondow dan sudah beroperasi sejak tahun 2015.(fadly)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed