oleh

Upaya Pemda Koltim Dalam Penanggulan Bencana Mendapat Respon Positif dari DPR RI

-Adv-10,699 views

Detik Bhayangkara.com, Koltim – Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur dibawah kepemimpinan Hj. Andi Merya, SIP yang baru saja dilantik menjadi Bupati Kolaka timur definitif, menggantikan Alm H.Samsul Bahri Majid terus melakukan upaya – upaya untuk kesejahteraan masyarakat Kolaka timur.

Salah satu upaya tersebut adalah usulan bantuan kebencanaan yang disampaikan langsung oleh Pemda Koltim melalui Bupati Koltim, Hj. Andi Merya kepada Komisi VIII DPR-RI dari Fraksi Partai Gerindra tersebut kini telah mendapat respon positif.

Bencana alam adalah bagian dari terhambatnya masyarakat dalam melakukan aktivitas, bahkan dapat mengakibatkan kerugian dimasyarakat apabila terjadi bencana alam yang berlebihan seperti banjir salah satunya.

Untuk itu Pemerintah Daerah terus melakukan langkah – langkah yang dapat mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir dll.

Usulan bantuan kebencanaan yang disampaikan Pemda Koltim, kini telah mendapat respon positif dari Komisi VIII DPR RI.

Hal ini disampaikan anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Partai Gerindra, HM Husni, SE, MM saat menerima kunjungan Bupati Koltim, Hj Andi Merya Nur SIP bersama Kepala Dinas BPBD Koltim, Ir. HM Anzarullah MSi (30 Agustus) lalu di ruang kerjanya.

Melalui akun Instagram Fraksi Gerindra Komisi VIII, Husni menyampaikan, jika pertemuan ini terkait pembahasan penyerapan aspirasi masalah kebencanaan di Kolaka timur, yang merupakan salah satu titik lokasi daerah rawan bencana alam, banjir, dan lain-lain yang sangat butuh perhatian dan bantuan dari pemerintah pusat.

“Permasalahan kebencanaan, harus diantisipasi disetiap daerah, harus adanya kerjasama yang baik antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD),” jelasnya.

Lebih lanjut Husni menyampaikan, akan mengupayakan dengan menyampaikan data berkas secara komunikasi langsung kepada mitra kerja BNPB, atas permasalahan dan kebutuhan yang diperlukan, antara lain perahu karet, pelampung, peralatan penanggulangan bencana, logistik, dan lain-lain, apalagi sudah empat tahun, pengajuan tersebut belum di respon.

Atas respon ini, Bupati Kolaka timur sangat berharap agar usulan-usulan yang dibuat oleh BPBD Koltim segera dapat direalisasikan oleh BNPB dengan inisiatif Komisi VIII DPR RI ini sebagai mitra BNPB.

“Dengan dasar Kabupaten Kolaka Timur sangat rentan dengan bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung, kekeringan dan kebakaran atau karhutla, apalagi dengan kondisi cuaca ekstrim dibulan Agustus sampai dengan September, memicu terjadi bencana banjir yang dapat mempengaruhi roda ekonomi masyarakat,” ujar kosong satu Koltim ini.

Lanjut Bupati, Untuk masyarakat Kolaka timur, Saya akan mengabdikan diri sepenuh jiwa raga saya demi percepatan pembangunan dikolaka timur ini, sesuai dengan janji kampanye kami berdua dengan Almarhum Bapak H. Samsul Bahri, dan insya Allah janji itu akan saya lanjutkan untuk diusahakan akan teralisasi khususnya percepatan pembangunan infrastruktur jalan.

“Namun untuk sekarang ini saya bersama teman-teman OPD yang terkait berupaya dulu dalam penanganan bencana seperti banjir, karena itu merupakan juga salah satu penghambat aktivitas masyarakat,” tutupnya. (@ntoDB/tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed