oleh

Dukung Desa Wisata, Mas Dhito Bantu Perbaikan Akses Jalan ke Goa Jegles

-daerah-10,873 views

Detik Bhayangkara.com, Kediri – Bupati Hanindhito Himawan Pramana atau yang akrab disapa Mas Dhito mendukung pertumbuhan desa wisata di Kabupaten Kediri. Setidaknya hingga Januari 2022 sudah ada 35 desa wisata tumbuh di Kabupaten Kediri.

Dalam kunjungannya ke Desa Keling, Kecamatan Kepung (13/01/2022), Mas Dhito masuk ke dalam arung membentuk goa yang konon dulunya merupakan tempat pertapaan. Oleh masyarakat setempat, arung yang dikenal dengan sebutan Goa Jegles itu dikelola menjadi tempat wisata.

“Tadi ada tempat river tubing-nya, jadi ada tempat untuk arung jeram menggunakan ban dan sebagainya. Cuma memang perlu (ditingkatkan) akses jalannya saja,” kata Mas Dhito.

Mendukung desa wisata itu, Pemkab Kediri dalam waktu singkat akan melakukan pavingisasi dan perbaikan jalan utama. Aksesibilitas jalan menurut dia sangat penting, sebab kondisi jalan yang kurang bagus sangat mempengaruhi daya tarik wisatawan untuk datang kembali.

“Tinggal regulasi Perbup untuk desa wisata nanti yang jadi PR,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo menambahkan, sejauh ini mulai banyak masyarakat yang memunculkan potensi di daerahnya dan membentuk desa wisata. Adapun jumlahnya ada 35 desa wisata di Kabupaten Kediri.

“Tapi yang aktif sejauh ini sekitar delapan desa wisata,” bebernya.

Menurutnya, membangun desa wisata harus diperhatikan potensi keunikan daerah yang diangkat yang membedakan dengan daerah lain. Keunikan itu menjadikan daya tarik tersendiri bagi desa wisata sehingga banyak wisatawan yang datang. Termasuk jajanan yang dijual di wilayah desa wisata diharapkan produk lokal. (RD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed