oleh

Saat Launching, Ratu Kalinyamat Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

-daerah-10.923 views

Detik Bhayangkara.com, Kab. Jepara – Dalam acara Launching di Pendapa RA. Kartini Jepara,Ratu Kalinyamat secara resmi dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional, Sabtu (5/2/2022).

Kegiatan Launching dilakukan oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya, Wakil Ketua MPR RI  Lestari Moerdijat dan Wakil Ketua DPRD Jepara Pratikno ini dalam rangka silahturahmi kebangsaan serta pengusulan kembali Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional.

Acara peluncuran silahturahmi kebangsaan ini diiringi dengan musik rebana secara bersamaan, sebagai tanda diresmikannya launcing dengan nguri nguri budaya jawa.

Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Ratu Kalinyamat memiliki peran besar dalam sejarah peradaban berdirinya Kabupaten Jepara dan Bangsa Indonesia.

“Oleh sebab itu,beliau turut mendukung pengusulan gelar pahlawan kepada Ratu Kalinyamat. ”Semoga dapat kita wujudkan,”tuturnya.

Andi menambahkan,hal itu dapat dilihat dari perjuangan ratu Kalinyamat dalam mengusir penjajah yang jejaknya dapat ditelusuri dari berbagai literature sejarah,serta dari beberapa sumber primer diantaranya catatan Diego De Couto, Fransisco Pares, Faria e Sousa dan beberapa literur lainnya.

“Saya sangat bersyukur dan gembira kita telah mendapatkan sumber primemr tersebut,karena ini sangat penting,sehingga selama ini dikarenakan keterbatasan sumber primer tersebut untuk pengajuan mengalami hambatan,” jelas Andi.

Bupati Andi berharap, dengan adanya sumber primer tersebut, tidak hanya akan memperkuat bukti sejarah perjuangan Ratu KAlinyamat, tetapi juga akan lebih membuka wawasan   akan sepak terjang Kalinyamat yang bukanlah mitos atau sekedar cerita mitos belaka, ucapnya.

“Untuk itu saya berharap dengan apa yang sudah kita miliki ini, penyematan gelar pahlawan dapat kita wujudkan,” tandas politisi PDI Perjuangan itu.

Dukungan pengusulan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional juga datang dari Anggota Wantimpres Habib Luthfi Bin Yahya,yang mana dukungan itu disampaikan langsung saat ulama’ besar itu saat memberikan pidato kebudayaan pada Silaturrahmi Kebhinekaan pengusulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional.

“Saya sangat mendukung sekali. Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan (nasional) Indonesia,” ujar Habib Luthfi.

Habib Luthfi menuturkan, nilai-nilai luhur seperti keberanian Ratu Kalinyamat sangat bisa membentuk rasa nasionalisme yang kuat. Ia menilai, Ratu Kalinyamat adalah tokoh Jepara yang sudah memberikan perjuangan bagi Indonesia pada masa lampau.

“Ratu Kalinyamat menjadi bukti bahwa Bangsa Indonesia bukan keturunan penjajah. Tetapi keturunan bangsa yang mandiri,” jelas Habib Luthfi.

Sebelumnya, gelar pahlawan nasional bagi Ratu Kalinyamat diusulkan oleh Yayasan Dharma Bhakti Lestari (YDBL) bersama Bupati Jepara,yang dalam pengusulan kali ini merupakan kali ketiganya,dan bila kali ini ditolak pemerintah pusat,maka tidak bisa diusulkan kembali. ( Narso Jr )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed