oleh

Salurkan BLT-DD Tahap II, Kades Ngapainea : Kami Lebih Mengutamakan Penyaluran BLT

-daerah-10.257 views

Detik Bhayangkara.com, Konut – Sebagai jaring pengaman sosial dimasa pandemi dan untuk menopang daya beli masyarakat agar perekonomian desa produktif dan bergerak. Pemerintah Desa Ngapainea menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 67 keluarga penerima manfaat (KPM) bertempat di Kantor Desa Ngapainea Kecamatan Langgikima, Jum’at (24/06/2022).

Pembagian BLT tersebut dihadiri oleh seluruh KPM dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19.

Kepala Desa Ngapainea Subair menjelaskan bahwa Bantuan Langsung Tunai yang dibagikan ini adalah untuk pembayaran bulan April hingga bulan juni Tahun Anggaran 2022, adapun nilai BLT yang disalurkan adalah sebesar Rp. 300.000 setiap bulannya.

Lanjut Subair, penyaluran BLT dilakukan tanpa menunggu turunnya Dana Desa secara keseluruhan, karena Pemerintah lebih mengutamakan penyaluran BLT dengan syarat pengajuan Dana Desa telah dilaksanakan.

“Sesuai petunjuk dari Dinas PMD dan Kantor Camat Langgikima, BLT ini tidak boleh ditahan-tahan harus segera kita salurkan,” ucapnya.

Subair juga menuturkan, bahwa dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT, pihaknya terlebih dahulu melalui berbagai tahapan sesuai dengan aturan yang ada. Salah satunya penginputan Dana Desa yang dilakukan secara online.

Selain itu, Pemdes juga membutuhkan kelengkapan data dari Keluarga Penerima Manfaat dan Pemdes juga terlebih dahulu telah melakukan proses Musyawarah Desa (Musdes) untuk menetapkan nama dan jumlah penerima BLT tersebut.

“Kita berusaha setelah penyaluran BLT ini untuk segera menyampaikan pertanggungjawabannya sekaligus pengajuan untuk tahapan berikutnya. Karena jika laporan pertanggungjawaban belum selesai maka pengajuan untuk tahap selanjutnya juga tidak bisa dilakukan,” tuturnya.

Penyaluran bantuan tunai tersebut turut dihadiri pihak Kantor Kecamatan Langgikima, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, BPD, dan Babinsa dari Koramil Langgikima, Bhabinkamtibmas dari Poksek Langgikima, Penyuluh Kesehatan, Pendamping PKH, Aparatur Desa dan seluruh KPM BLT Desa Ngapainea. (Sarlindo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed