oleh

Satgas Pamtas Yonif 645/Gty Lakukan Penanaman Pohon Pinang bersama Di Perbatasan

-daerah-10.160 views

Detik Bhayangkara.com, Sanggau – Guna mendukung pelestarian lingkungan di kawasan perbatasan Kalimantan Barat, Satgas Pamtas Yonif 645/Gty melakukan pendampingan penanaman pohon Pinang di Dusun. Rumit Desa Bungkang Kec. Sekayam Kab. Sanggau. Dansatgas Pamtas Yonif 645/Gty Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau mengatakan, kegiatan ini dilakukan oleh 5 orang personel Pos Bantan Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/GTY dipimpin Serka Widi Sanjaya pada, Rabu (29/06/2022).

“Anggota Pos Bantan melaksanakan upaya khusus pendampingan terhadap penanaman pohon Pinang Bersama dalam rangka Pelestarian lingkungan di Kawasan tempat Pembuangan Akhir/Sampah (TPA) daerah perbatasan Kalimantan barat. Selain tujuan utama penanaman pohon pinang tersebut untuk pelestarian lingkungan di kawasan perbatasan, tanaman yang termasuk dalam jenis palem-paleman atau arecaceae tersebut memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Daun pohon pinang biasanya digunakan untuk mengobati sakit pinggang dan kurangnya nafsu makan, untuk mengobati beri-beri dan gangguan pencernaan. Sedangkan biji pinang dapat digunakan untuk mengobati penyakit malaria, diare dan juga cacingan.

“Dengan banyaknya manfaat dan fungsi, tanaman ini memiliki value yang cukup besar sebagai komoditi bisnis di pasar,” ujar Dansatgas.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon pinang Bersama ini, anggota DPRD Balai Karangan, Sekcam Sekayam, Danpos Bantan, Kades Bungkang, Kades Balai karangan, Kepala wilayah jajaran Desa Bungkang Dan Warga Masyarakat Sekitar Bungkang dan Balai karangan.

“Diharapkan kegiatan ini untuk kedepannya tetap berjalan lancar, silaturahmi tetap terjalin antar semua instansi diperbatasan, menjalin komunikasi, memudahkan dan meningkatkan koordinasi dan sinergitas antar instansi,” tutup Dansatgas. ( Peru Artiadi )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed