oleh

Bupati Sanggau Bangga Kepada Aisyah Merupakan Siswa Pertukaran Pelajar ke Amerika

-Pendidikan-10,823 views

Detik Bhayangkara.com, Kab. Sanggau – Bupati Sanggau Mendukung Aisyah dalam Pertukaran Pelajar ke Amerika, yaitu seorang pelajar bernama Aisyah saat berkunjung ke Rumah Dinas Bupati Sanggau Paolus Hadi dengan didampingi orangtuanya dan kepala sekolah, Senin (25/07/2022).

Bupati Sanggau Paolus Hadi menyambut baik dan menerima kunjungan silahturahmi Adinda Aisyah Nindyani atau yang akrab disapa Aisyah bersama kepala sekolah dan orang tua yang juga sekaligus menyampaikan rencana keberangkatan dalam program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat di rumah dinas Bupati Sanggau.

Aisyah merupakan Siswi di SMA Negeri 2 Sanggau merupakan putri dari H. Joni Irwanto dan Hj. Ernawati yang terpilih dalam program pertukaran pelajar Kennedy Lugar Youth Exchange Study (KL YES) ke Amerika Serikat yang akan diberangkatkan pada bulan Agustus 2022 mendatang.

Paolus Hadi usai menerima Aisyah mengatakan, dirinya bangga pada hari ini telah kedatangan seorang pelajar dari SMA N 2 Sanggau yang lolos seleksi dalam pertukaran pelajar ke Amerika Serikat.

“Aisyah telah mengikuti seleksi secara nasional untuk pertukaran pelajar Internasional dan Aisyah merupakan anak Sanggau yang masuk bersama 70 anak yang dinyatakan lolos untuk mengikuti pertukaran pelajar dari 36 ribuan anak di Indonesia yang mengikuti seleksi,” tutur Paolus Hadi.

Disampaikan Bupati Sanggau, dalam pertukaran pelajar ini nantinya Aisyah akan berada di Amerika selama satu tahun.

“Saya senang dan sangat mensuport Aisyah. dengan mengenalkan budaya Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dan Indonesia secara umumnya. Sebagai pelajar tentunya Aisyah ingin mengembangkan diri, satu tahun di negara orang tentu banyak belajar budaya dan adat istiadat di sana dan juga pengetahuan-pengetahuan karena negara tersebut lebih maju,” ucap Paolus Hadi.

Tentunya setelah pulang nanti, Aisyah dapat berbagi pengalaman untuk dapat mengikuti kompetisi –kompetisi seperti ini dan dikembangkan di kabupaten sanggau.

“Terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mengizinkan dan tentunya ini bentuk dukungan untuk anak-anak Sanggau untuk menggapai prestasi,” pesan Paolus Hadi.

Sementara itu, Aisyah saat diwawancarai mengungkapkan, bahwa motivasi awal dirinya mengikuti program tersebut karena memang keinginannya mengikuti pertukaran pelajar ke negara lain.

“Sudah jadi keinginan Aisyah sejak lama, ditambah adanya rasa tertantang untuk mengukur kemampuan diri ketika tahu seleksinya ini akan berhadapan dengan peserta-peserta dari seluruh indonesia,” katanya.

Aisyah mengungkapkan program tersebut merupakan beasiswa yang diberikan langsung oleh Kedutaan Amerika Serikat atau United States Embassy yang bermitra dengan yayasan Bina Antar budaya dengan lama program satu tahun atau dua semester.

“Adapun tahapan yang dilalui yaitu beberapa rangkaian seleksi, mulai dari seleksi tingkat chapter Pontianak dan selanjutnya baru seleksi tingkat Nasional. Pendaftar di seluruh Indonesia ada 36 ribu untuk kuota 70 orang yang akan berangkat ke Amerika Serikat,” kata Aisyah.

Yang terberat pada proses seleksi, kata Aisyah, yaitu ketika harus berhadapan dengan anak-anak dari kota-kota besar seperti Jakarta, Jogja, yang mereka seperti sudah sangat matang baik secara mental maupun materi.

“Untuk penempatan di Amerika masih belum tahu pastinya dimana karena sampai sekarang masih di proses oleh panitia dalam pencarian keluarga asuh di sana. Biasanya baru akan diberitahu mendekati waktu keberangkatan,” terangnya.

Ditempat yang sama H. Joni Irwanto orangtua dari Aisyah mengungkapkan sebagai orangtua selalu mendukung segala upaya anak dalam mengembangkan diri dan orientasi masa depannya.

“Sepanjang pilihan-pilihan anak itu positif dan bermanfaat. Kami sebagai orangtua ingin anak-anak mampu memanfaatkan informasi-informasi yang ada menjadi peluang mereka mengembangkan diri dan berkompetisi secara luas dengan pelajar-pelajar lainnya,” pungkasnya. ( Peru Artiadi )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed