oleh

Lapor Bu Khofifah…. OPD Prov. Jatim Menjerit Biaya Publikasi Dinas Menguras Anggaran Dinas

-headline-12.210 views

Detik Bhayangkara.com, Surabaya – Patut disayangkan adaya rekomendasi dari Humas Pemprov Jatim untuk media tertentu. Pasalnya dengan rekomendasi dari Humas Pemprov Jatim tersebut oknum wartawan dengan seenaknya saja mengajukan SPJ ke OPD dilingkup Pemprov Jatim.

Salah satu contoh adalah event hari jadi Prov. Jatim yang ke 77. Media yang diberi rekomendasi dari Humas Prov. Jatim membuat ucapan hari jadi Prov. Jatim tersebut dengan cara langsung membawa koran sebagai bukti penayangannya dan kwitansi yang nilainya sangat fantastik. Dari hasil penelusuran tim media bisa dilihat ada media yang membandrol ucapan selamat hari jadi Prov. Jatim tersebut dengan nominal Rp 6 juta rupiah, Rp 12 juta rupiah bahkan ada yang Rp 25 juta rupiah dengan langsung tanda tangan bermaterai.

Umi ( nama samaran, red) mengatakan kepada awak media, bahwa kami disodori SPJ hari jadi Prov. Jatim dengan nominal sangat besar.

“Kami sebagai OPD dilingkup Prov. Jatim kaget dan bingung, coba bayangkan saja di hari jadi Prov. Jatim ini kami dikirimi koran yang ada ucapannya selamat hari jadi Prov. Jatim dan disodori oleh wartawanya kwitansi yang sudah diprint dan bermaterai dengan nominal ada yang 6 juta rupiah, 12 juta rupiah, bahkan sebelumnya ada yang 25 juta rupiah,” ucapnya sambil geleng kepala, Kamis (20/10/2022).

“Kami heran sekali sebenarnya kami tidak minta dibuatkan ucapan tersebut karena keterbatasan anggaran pada dinas kami minim, terus uang sebesar itu akan dibayarkan dengan uang apa…??!!..kok ucapan hari jadi saja nominalnya segede itu. Media yang mengajukan kerja sama dengan dinas sini ada lebih dari 30 buah media, kalau media pada mengajukan SPJ kayak itu terus yang bayar ya siapa dan pakai uang apa..??!! coba sampean bayangkan, ada apa ini,” tegasnya.

Lanjut Umi (nama samaran, red), mengapa itu humas Utara (Pemprov. Jatim, red) menunjuk ke media untuk kerja sama dengan OPD.

“Padahal sudah banyak media dengan kriteria yang sama masuk untuk mengajukan MOU publikasi ke OPD dan media tersebut juga membawa dokumen yang resmi…apa kami akan terus tolak..!!??,” terangnya.

Senada di sampaikan oleh OPD jalan A. Yani, Gayungan Surabaya menyampaikan, kami juga disodori koran ucapan hari jadi Prov. Jatim ke 77 ini.

“Saya kan tidak minta dibuatkan ucapan hari jadi Prov. Jatim, tapi ada media yang nyodorkan koran yang isinya ucapan dan kwitansi bermaterai dengan nominal uang yang besar. Saya langsung tolak itu karena anggaran kantor kami sangat minim dan itu juga dibagi bagi ke banyak media. Kami ini juga mikirkan ke media media yang lain agar dia juga sama sama dapat kesempatan kerja sama dengan kantor kami karena juga menyerahkan documen yang benar. Kami tidak pandang bulu dan pilih kasih pada media ..semua sama..kalau mau MOU dengan kami ya ikuti aturan kami,” tegasnya.

Saat awak media datang ke OPD yang alamat di jalan A.Yani Gayungan didapati dimeja staf, koran dan kwitansi SPJ sebesar 6 juta rupiah. Saat minta konfirmasi ke staf kantor tersebut dia mengatakan Kami baru buat SPJ ucapan hari jadi Prov. Jatim.

“Ini ada koran B (inisial, red) buat ucapan hari jadi Prov. Jatim ke 77. Dia menyodorkan kwitansi yang bermaterai dengan nominal 6 juta rupiah,” ucapnya.

Saat awak media menanyakan kok besar nilainya, dia menjawab, karena koran ini sudah ditunjuk oleh kantor Utara (humas Pemprov, red) dan kami menjalankan padahal anggaran kami sangat terbatas dan banyak sekali media yang juga mengajukan MOU publikasi, “terangnya

“Kami OPD juga bingung ini adanya media yang ditunjuk oleh humas Utara padahal media lainnya juga mempunyai syarat documen yang sama dengan media tersebut. Kita ini tidak bisa beda-bedakan media satu sama yang lain karena syarat documen ya media yang mengajukan MOU kepada kami lengkap dan juga media yang tidak ditunjuk oleh humas Prov. Jatim tidak buat SPJ dengan nilai yang besar. Kami hanya berpesan agar pihak Utara harus menyamakan media yang ada karena syaratnya juga lengkap,” pungkasnya. (Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed