oleh

Pembaretan Personil Bintara Remaja angkatan 47 Ditsamapta Polda Kalbar

Detik Bhayangkara.com, Kalimantan Barat – Ditsamapta Polda Kalbar menyelenggarakan kegiatan upacara Penutupan Latihan Peningkatan Kemampuan dan pembinaan tradisi bintara Remaja angkatan 47 direktorat Samapta Polda Kalbar pada, Kamis (27 oktober 2022) sekitar 07.00 wiba dilapangan Jananuraga Polda Kalbar, yang dipimpin oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Suryanbodo Asmoro, M.M

Turut hadir dalam upacara tersebut Waka Polda Kalbar brigjen Pol Asep safrudin, SIK, MH dan Para PJU Polda Kalbar

Pembinaan tradisi ini dimaksudkan agar setiap anggota Polri yang baru dilantik atau memasuki kesatuan yang baru dapat segera menyesuaikan diri baik dalam hal sikap prilaku maupun kemampuan-kemampuan yang ada di kesatuan barunya yaitu Korps direktorat samapta Polda Kalbar

Pelaksanaan pembinaan tradisi tersebut sebelumnya dilaksanakan orientasi selama 6 hari yang di lanjutkan dengan pemberian pelatihan fungsi samapta dan pembekalan seluruh fungsi baik operasional maupun pembinaan selama 3 bulan

Sebelum pelaksanaan pembinaan tradisi (Bintra) ini, dilaksanakan juga pelatihan peningkatan kemampuan pengendalian massa, ketrampilan mengemudi Roda 2, beladiri boxer / tarung derajat, SAR, persenjataan, K9, turjawali dan pembekalan seluruh fungsi oleh para direktur atau yang mewakili yang diikuti oleh 258 Orang bintara remaja yang terdiri dari 253 Polki dan 5 polwan

Pembinaan tradisi ini adalah bertujuan untuk membentuk perilaku, sikap jiwa korsa, mental kejuangan dan memahami tugas umum Kepolisian khususnya Pengendalian massa dalam menghadapi tantangan tugas kedepan untuk persiapan dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi pemilu 2024 mendatang.

Selain itu diharapkan peserta latihan mampu menghadapi berbagai dinamika tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks, seiring dengan perkembangan lingkungan yang sangat cepat dan dinamis.

Pembinaan tradisi tersebut di lakukan penyiraman air bunga dan pemasangan baret oleh bapak kapolda Kalbar kepada 2 orang perwakilan 1 Polki dan 1 polwan.

Dalam arahannya Kapolda Kalbar mengucapkan, selamat kepada para peserta pembinaan tradisi yang telah selesai melaksanakan latihan peningkatan kemampuan.

“Diharapkan peserta bintra mampu melaksanakan tugas yang sangat berat di direktorat samapta Polda Kalbar,” ucapnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya Kapolda Kalbar memberikan 4 (empat) point penekanan kepada para peserta bintra yaitu:

  1.  Jadilah insan Bhayangkara yang selalu menjaga dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap alloh Tuhan yang maha esa.
  2. Laksanakan tugas dengan penuh komitmen dan rasa tanggung jawab, sebagai pelayan masyarakat yang santun dan bermoral serta hindari perbuatan yang dapat merusak citra diri dan organisasi polri.
  3. Pahami bahwa setiap anggota polri dilapangan adalah representasi dari negara. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan berupaya l tenaga mencegah terjadinya pelanggaran maupun kriminalitas.
  4. Jalin kemitraan dengan seluruh komponen masyarakat, sehingga tercipta hubungan dan kerjasama yang sinergis.

Dalam amanatnya juga Kapolda Kalbar mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini, sehingga penyelenggaraan Bintra ini dapat terselenggara dengan aman, tertib dan lancar.

Setelah upacara selesai di lanjutkan dengan peragaan beladiri, ketrampilan mengemudi R2 yg di rangkai dalam skenario patroli, pengendalian massa yang di.libatkan juga K9 dari situasi hijau sampai dengan situasi kuning dan massa bubar yang di pantau dengan dround ditsamapta Polda Kalbar dan terakhir seluruh peserta bersalaman dengan Kapolda Kalbar dan PJU Polda Kalbar

Sebagai penutup acara pembinaan tradisi di laksanakan giat long march 10 km yg di buka dengan kebutan bendera start di lapangan jananuraga oleh Direktur ditsamapta Polda Kalbar Kombes Pol Permadi Syahid Putra SIK, MH dan sampai finish jam 11.30 wiba di mako Ex SPN Polda Kalbar. ( Syafarudin Delvin, SH )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed