oleh

Peringati HARKANNAS Kabupaten Kediri gelar Cipta Menu Ikan

-daerah-10,821 views

Detik Bhayangkara.com, Kediri – Lomba Cipta Menu Ikan diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kediri dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) tahun 2022 bertempat di Gedung Bagawanta Bhari Kabupaten Kediri pada, Kamis (17/11/22).

Lomba yang mengusung tema “Menu Ikan Kreasi keluarga membuat Generasi Unggul, Sehat, dan Cerdas” ini diikuti oleh 26 Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Kediri.

Cipta Menu Ikan merupakan salah satu kegiatan dalam Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan dan gizi yang menjadi salah satu fokus pembangunan di Kabupaten Kediri.

Menu Lomba Cipta Menu Ikan kali ini berbahan baku utama fillet ikan lele dan ikan gurami. Bahan baku yang dilombakan adalah ikan lele dan gurami yang merupakan jenis ikan yang paling banyak dihasilkan Kabupaten Kediri.

Kriteria penjurian adalah kreativitas/inovasi, penyajian/penampilan, cita rasa, higienis dan aman dikonsumsi. Jenis menu yang ada tersebut harus bisa diaplikasikan untuk menu sehari hari keluarga.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Nur Hafiid melalui sekretaris Dinasnya mengatakan, ikan lele dan gurami memiliki protein yang bagus, termasuk dengan gerakan makan ikan agar angka stunting di Kabupaten Kediri dapat menurun.

“Insyaallah kalau di Kabupaten Kediri yang mengonsumsi ikan semakin banyak, otomatis orang yang budidaya ikan juga semakin banyak, bahkan lele ini satu Jawa Timur kita terbanyak,” ujar Jiwo.

Mira Kartika, selaku perwakilan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri turut hadir serta menyampaikan sambutan Ketua Forikan Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindito atau biasa dipanggil Mbak Cicha, berharap dengan adanya variasi menu ikan yang disajikan, dapat meningkatkan selera makan keluarga dan memotivasi anak-anak untuk menyukai makan ikan sehingga kecerdasan generasi yang akan datang juga dapat unggul.

Juara inovasi dan kreativitas olahan menu ikan pada HARKANNAS 2022 kali ini dimenangkan oleh Kecamatan Grogol, Badas dan Plemahan. Dan juara harapan diboyong oleh Kecamatan Kayen Kidul, Ringinrejo dan Ngadiluwih.

Melalui penyelenggaraan lomba cipta menu ikan ini diharapkan akan memperluas penyampaian informasi tentang arti penting mengkonsumsi ikan, menumbuhkan budaya mengolah masakan berbahan baku ikan yang akan berimplikasi pada peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Kediri. (RD)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed