oleh

Gelar Panen Karya Program Implementasi P5 di SDS Islam Terpadu Azzahra Demak

-daerah-11,968 views

Detik Bhayangkara.com, Demak – Gelar Panen Karya Program Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” dengan topik, Indahnya Keragaman Negeriku dan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” topik, Indah Penuh Berkah yang di gelar di halaman SDS Islam Terpadu Azzahra Demak, dengan Motto : ” Mandiri Islami Berprestasi “ yang beralamat: Kp.Stasiun Bintoro Kecamatan Demak,Kabupaten Demak, Sabtu ( 17/12/2022 ) 08.00 WIB sampai selesai.

Kegiatan Gelar Panen Karya Program Implementasi Projek ( P5 ) ini diikuti oleh siswa – siswi SDS IT Azzahra sendiri, dalam rangka melatih anak didik untuk menyalurkan bakat dan minat anak agar berkarya nyata dalam berwira usaha melalui wujud nyata Implementasi Kurikulum Merdeka ( IKM) dengan menggelar produk unggulan dari barang bekas menjadi produk yang berguna di bazar masing – masing stand perkelas.

Adapun tamu undangan yang hadir dalam Gelar Panen Karya Program Implementasin ( P5 ) ini antara lain, Noor Sulistyowati, S.Pd,M.Si ( Koordinator Wilayah ( Korwil) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Demak ),Zainuddin,SH.,MH., MM ( Ketua Yayasan SDS IT Azzahra), Dr.Masyhudi,M.Kes ( Dewan Pembina Yayasan SDS IT Azzahra),Sugeng Riyadi, S.Pd., MH ( Fasilitator), Untung Sugiyarto, SH.,M. Kn., ( Komite Sekolah), Sugiharto,S.Pd,M.Si ( Pengawas PSP) Pujiono ( Ketua RW 08 Perum.Bintoro Asri),Waluyo Kunanto ( Ketua RT.01 RW. 08 Perum.Bintoro Asri ),Pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah ( K3S) Kecamatan Demak,Kepala Sekolah se – Daerah Binaan ( Dabin III) Kecamatan Demak,semua wali murid SDS Islam Terpadu Azzahra Demak, Adhi Supratiwo ( Dewan Redaksi Media Detik Bhayangkara),dan tamu undangan lainnya.

Kepala sekolah SDS Islam Terpadu Azzahra Demak, Sa’diyah,S.Pd,M.Pd menyampaikan bahwa, SDS IT Azzahra Demak melaksanakan Implementasi P5 dengan mengambil tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” ini diharapkan peserta didik bertanggung jawab terhadap sampah, dan terbiasa membuang sampah pada tempatnya.

“Serta mampu memanfaatkan limbah sampah yang ada di sekitar kita,menjadi barang yang indah dan menarik, diantaranya, vas bunga, pot bunga berkarakter,bunga dari kresek, dan sebagainya, ucapnya.

Selain itu,dari tema Bhinneka Tunggal Ika diharapkan agar peserta didik mengenal keragaman tari – tarian di negeri kita diantaranya tradisi lisan,tari kecak dari Bali, Barongan kas Demak dan lainnya,yang semua itu ditampilkan dengan lembah gemulai, gembira dan ceria, tuturnya.

Beliau menambahkan bahwa dengan kegiatan gelar panen karya ini sangat antusias sekali,karena didukung dan disemangati pula oleh orang tua dalam kegiatan Marketing Day, jelasnya.

Noor Sulistyowati, S.Pd,M.Si dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kepada teman – teman yang sudah hadir yang perlu kita junjung tinggi atas kebersamaan PSP satu gugus yang bisa mengangkat bersamaan ini menjadi sesuatu yang luar biasa.

Dirinya sangat mengupload untuk SDS IT Azzahra Demak dengan tepuk tangan yang heboh berkat anak – anak, dewan guru,wali murid, komite,bersama bimbingan dari fasilitator,pengawas pendamping,hal ini bisa terwujud.

“Inilah Implementasi dari Kurikulum Merdeka yang sedang didengungkan oleh pemerintah ini di tahun kedua,harapan ini kegiatan P5 ini dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDS IT Azzahra mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika dan Topik Indahnya Keragaman Negeriku,ini beda semua terbukti ada 7 PSP tidak ada tema dan topik yang sama,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, aneka kreatif anak – anak untuk berpakaian dari barang bekas yang didaur ulang ( recycling) menjadi sesuatu yang bermakna,yaitu ada baju yang terbuat dari plastik – plastik yang dibuang, kemudian ada sudut gaya hidup berkelanjutan dari limbah.

“Hal ini mewujudkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka sangat luar biasa,dari kecil anak – anak sudah menghargai sampah yang akan didaur ulang ( recycling) untuk menjadi sesuatu yang bermakna ini luar biasa,” imbuhnya.

Ia berharap, hal ini bisa berkembang di sekolah – sekolah penggerak di tahun kedua ini dengan progres nya luar biasa,kalau ini dilanjutkan, dikembangkan inovasinya,Insya Allah anak – anak kita,generasi kita di tahun 2045 akan menjadi generasi emas yang didambakan Indonesia,pungkasnya.

Adapun Gelar Panen Karya Program Implementasi P5 ini dibuka langsung oleh Noor Sulistyowati, S.Pd,M.Si dan pengguntingan pitanya oleh Slamet Riyadi,S.Pd,M.H selaku fasilitator

Setelah acara inti selesai dan dilanjutkan dengan suguhan hiburan dari siswa – siswi SDS IT Azzahra dengan menampilkan Feshion Show berbagai ragam kostum yang cantik dan unit yang dikemas oleh tangan – tangan terampil yang kreatif dari guru – guru dan wali murid yang sebelumnya berkolaborasi berkunjung ke SMK Negeri Demak untuk melihat berbagai kerajinan tangan dengan memanfaatkan bahan limbah plastik menjadi produk baju yang unik dan apik serta bermanfaat.

Disamping Feshion Show,juga menampilkan 12 ( dua belas) tarian yang berasal daerah – daerah yang ada di Indonesia yang bermarwah kebhinekaan.

Semoga kegiatan ini dapat bermaanfaat bagi anak didik kita dikelak dikemudian hari,dalam berkarya,sebagai upaya berwira usaha mandiri dalam konteks Implementasi Kurikulum Merdeka.  ( ADHI S)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed