oleh

SMK Taman Siswa Kudus Menggelar P5 Tahun Akademik 2022 -2023

-Pendidikan-11,089 views

Detik Bhayangkara.com, Kudus – SMK Taman Siswa Kudus menggelar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) bagian dari IKM tahun akademik 2022 -2023 dengan menggali bakat dan minat siswa melalui visualisasi, yang beralamat di Jl. Veteran No.3 Kudus, Sabtu ( 11/3/2023 ) 10.00 WIB.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) ini sendiri merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka, yang dibentuk dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama tahun 2022 sampai dengan tahun 2024.

Seperti kita ketahui bahwa tujuan P5 ini antara lain untuk mengoptimalkan kemampuan visual sehingga SMK Taman Siswa membuat gebrakan dengan menggelar P5 ini sebagai Kearifan Lokal untuk mensejajarkan dan bersaing secara sehat dengan Sekolah Menengah Atas lainnya.

Kemampuan daya cipta dan kreatifitas Guru beserta siswa nya ternyata perlu diacungi jempol,terbukti mampu mewujudkan ” Visualisasi Dandangan “, sebagai Implementasi Budaya masyarakat Kudus yang bernama ” GUSJIGANG” yang artinya Bagus Ngaji Dagang.

Gusjigang itu sendiri terdapat berbagai ragam seni dan budaya yang divisualisasikan oleh siswa -siswi SMK Taman Siswa sendiri antara lain : Seni Teater oleh Dian Puspita Sari, S.Sn, Tarian, Rebana, Lomba Menyanyi Lagu Daerah dan Bazar, yang diramu dengan sentuhan tangan – tangan terampil dan daya kreatifitas guru – guru yang dinahkodai Dian Puspitasari,S.Sn yang sangat bertalenta.

Dra Susiyah Puji Astuti selaku Kepala Sekolah SMK Taman Siswa dalam sambutannya disaat menyaksikan gebyar P5 yang divisualisasikan anak – anak didiknya mengatakan, sangat bangga sekali.

“Karena Profil Pelajar Pancasila merupakan sejumlah ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik yang didasarkan pada nilai – nilai luhur Pancasila,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, salah satu kegunaan Profil Pelajar Pancasila adalah menjadi penunjuk arah bagi para pendidik maupun siswa.

” Sehingga pada kesempatan ini, kita melaksanakan Gelar Karya P5 dengan tema ” Berkebhinnekaan Global, Dengan Elemen Mengenal dan Menghormati Budaya,” tuturnya.

Karena Gusjigang adalah konsep hidup yang agung, yang merupakan filosofi hidup warisan Sunan Kudus.

Melalui filosofi tersebut, Sunan Kudus menuntun masyarakat Kudus menjadi orang yang berkepribadian bagus, tekun mengaji dan dapat berdagang.

“Semoga seluruh siswa SMK Taman Siswa Kudus mempunyai budi pekerti yang bagus, bisa lancar mengaji dan pandai berwirausaha,” pungkasnya.

Dengan terwujudnya Visualisasi P5 bagian dan IKM yang diperankan oleh siswa – siswa SMK Taman Siswa mampu memberikan daya pikat masyarakat, sehingga di tahun ajaran baru 2023 -2024,Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masyarakat yang mempunyai anak lulusan SMP dapat mendaftarkan anaknya ke SMK Taman Siswa yang sekarang lebih maju. ( ERNA R )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed