oleh

Jalan Nasional Sumbar – Riau Terputus Akibat Longsor 

-daerah-10,747 views

Detik Bhayangkara.com, Sumbar – Akses jalan Nasional lintas Sumbar-Riau sebelum Kelok 9 dari arah Kota Payakumbuh terputus karena longsor. Satu unit kendaraan roda empat, terkena material longsor hingga ke bahu jalan, di Jorong Air Putih, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, itu sekitar 17.00 WIB, Minggu (30/4).

“Benar. Longsor tadi sekitar pukul 17.00 WIB sebelum jembatan Kelok 9 dari arah Payakumbuh. Akibatnya macet total,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Rahmadinol .

“Saat ini alat berat sudah dalam perjalanan dari Kota Payakumbuh,” imbuhnya.

Menurutnya, antrean kendaraan mencapai 5 kilometer dari arah Payakumbuh dan begitu sebaliknya dari arah Pekanbaru.

“Antreannya panjang sampai 5 kilometer dari Payakumbuh. Karena jalur ini akses utama jalan Sumbar-Riau. Sekarang masa puncak arus balik,” terangnya.

Rahmadinol menjelaskan, material longsor menutupi badan jalan hampir sepanjang 30 meter dengan ketinggian satu meter lebih.

“Longsornya cukup panjang sekitar 30 meter dengan ketinggian satu meter. Sekarang kita sedang upayakan membuka jalan,” tutur Rahmadinol.

Menurut Rahmadinol, pihaknya masih menunggu datang alat berat dari Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumbar.

“Sambil menunggu alat berat, kita bersama TNI, Polri, dan masyarakat berusaha membuka jalan dengan manual,” jelas Rahmadinol.

PPK 1,2 Jalan Nasional, Rio Andika ST.MT saat dihubungi via WhatApp mengatakan, dari Kementrian PUPR juga ikut membantu material longsor.

“Alat berat kita juga diturunkan ke lokasi jam 8 malam, akses Sumbar Riau sudah dibuka,” kata Rio Andika

Sementara material longsor akibat hujan lebat yang menggerus sisi lereng perbukitan, menimbun hampir seluruh badan jalan. Meski tidak terlihat begitu tinggi, tapi akses jalan kini diberlakukan sistem buka-tutup dari kedua arah menuju Riau atau sebaliknya dari arah Riau menuju Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Tim Gabungan dari Satlantas Polres, TNI dan BPBD Limapuluh Kota terlihat sibuk membersihkan material longsor dan mengatur arus lalu lintas yang ramai karena arus balik dan libur akhir pekan. (Syamson)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed